Puskesmas Tigabinanga Cegah Stunting Melalui Program “Ibas Tangkas”


290 view
Puskesmas Tigabinanga Cegah Stunting Melalui Program “Ibas Tangkas”
Foto/Dok/Puskesmas Tigabinanga
IBAS TANGKAS : Seorang tenaga medis Puskesmas Tigabinanga melayani seorang ibu yang punya balita dalam program “Ibas Tangkas” dalam upaya pencegahan dan penanggulangan stunting dengan metode konseling atau penyuluhan pribadi di masa pandemi Covid-19, Sabtu (17/4).
Karo (SIB)
Puskesmas Tigabinanga di Kabupaten Karo menciptakan inovasi baru sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan stunting dengan metode konseling atau penyuluhan pribadi di masa pandemi Covid-19, untuk mengurangi interaksi langsung tenaga medis dengan ibu hamil dan balita secara berkerumunan. Program yang disebut "Ibas Tangkas " (Ibu cerdas stunting kandas) itu dilaksanakan setiap hari Selasa pukul 08.00- 10.00 WIB.

Demikian disampaikan Kapuskesmas Tigabinanga, dr Jenda Muli Sembiring kepada SIB, Sabtu (17/4) di Puskesmas Tigabinanga.

Disebutkannya, stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang ditandai dengan tubuh pendek. Penderita stunting umumnya rentan terhadap penyakit, dan tingkat kecerdasan di bawah normal serta produktivitasnya rendah.

Dikatakannya, adapun penyebab dari stunting adalah rendahnya asupan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan. Artinya sejak janin hingga bayi umur dua tahun rendah asupan gizi.

Dampak lainnya, kata Sembiring, buruknya fasilitas sanitasi dan minimnya akses air bersih.Dan kurangnya kebersihan lingkungan salah satu menjadi penyebab stunting.

Diurainya, ibu hamil dan ibu balita merupakan salah satu yang sangat berperan dalam memutus mata rantai penyebaran stunting. Namun, jelasnya,seringkali ibu hamil dan ibu balita tidak tahu bahkan tidak paham mengenai stunting sehingga tanpa disadari terjadi peningkatan kasus stunting, terangnya.

Disebutkanya, tingginya prevalensi stunting dalam jangka panjang akan berdampak pada kerugian ekonomi bagi Indonesia.

Puskesmas Tigabinanga hadir dengan inovasi baru melalui "Ibas Tangkas" (Ibu cerdas stunting kandas dalam meningkatkan pengetahuan ibu hamil dan ibu balita sehingga stunting dapat dicegah sedini mungkin.(B4/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com