RE Nainggolan Apresiasi Bobby Nasution Keluarkan SK Forum Multi Sektor Percepatan Eliminasi TB Kota Medan


161 view
RE Nainggolan Apresiasi Bobby Nasution Keluarkan SK Forum Multi Sektor Percepatan Eliminasi TB Kota Medan
Foto harianSIB.com/Leo Bukit
FOTO BERSAMA: RE Nainggolan foto bersama dengan dr Eva Oktavia Karolina dan Rahmah Fitri sembari menyampaikan salam tuberkulosis disela-sela pertemuan rutin Forum Multi Sektor Percepatan Eliminasi TBC Kota Medan di Santika Medan, Kamis (16/9/2021).
Medan (harianSIB.com)

Tokoh masyarakat Dr RE Nainggolan mengapresiasi Wali Kota Medan Bobby Nasution mengeluarkan surat keputusan nomor 440/03.K/VII/2021 tentang Forum Multi Sektor Percepatan Eliminasi Tuberkulosis Kota Medan.

Hal itu dikatakan RE Nainggolan kepada harianSIB.com, usai mengikuti pertemuan rutin Forum Multi Sektor Percepatan Eliminasi TBC Kota Medan di Santika Medan, Kamis (16/9/2021).

Surat keputusan tersebut ditetapkan pada tanggal 14 Juli 2021 dengan menimbang yaitu tuberkulosis masih menjadi masalah kesehatan di Medan dan menimbulkan masalah yang sangat kompleks baik dari segi medis maupun sosial ekonomi.

Berikutnya, untuk mengatasi permasalahan tuberkulosis dan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Medan diperlukan upaya penanggulangan yang komprehensif, terpadu dan berkesinambungan.

Kemudian melaksanakan peraturan Wali Kota Medan Nomor 85 tahun 2017 tentang rencana aksi daerah penanggulangan tuberkulosis di Medan, diperlukannya forum multi sektor percepatan eliminasi tuberkulosis Kota Medan.

"Saya apresiasi bapak Wali Kota Medan yang demikian tanggapnya untuk pengendalian TB sehingga mengeluarkan suatu keputusan forum multi sektor dalam rangka pengendalian penyakit TB di Medan," ujarnya.

Menurutnya, keputusan yang diambil Bobby Nasution ini pertama kali di Indonesia dilaksanakan. "Dengan keluarnya surat ini, maka segenap multi sektor di bawah satu komando, satu kolaborasi di bawah pimpinan Dinas Kesehatan Medan untuk dapat menyelesaikan segera persoalan tuberkulosis," ungkapnya.

Menurutnya lagi, penyebaran tuberkulosis ini memang lambat, namun menyerang paru-paru dan berdampak sekali terhadap kesehatan. "Sudah pasti lemas, tidak bergairah dan lainnya. Sehingga dengan demikian TB ini harus dapat segera di obati," tutupnya. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com