Kamis, 25 Juli 2024

RS Adam Malik Jalani Visitasi Program Pengampuan Layanan Prioritas Kemenkes RI

Redaksi - Sabtu, 12 November 2022 17:31 WIB
268 view
RS Adam Malik Jalani Visitasi Program Pengampuan Layanan Prioritas Kemenkes RI
Foto: Ist/harianSIB.com
RSUP Haji Adam Malik, Jalan Bunga Lalu, Medan Tuntungan, Kota Medan
Medan (SIB)
Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik menjalani visitasi program pengampuan layanan prioritas, Jumat (11/11).

Kegiatan visitasi ini dilaksanakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bersama enam rumah sakit vertikal Kemenkes RI dari Jakarta sesuai layanan prioritas yang diampu.

Sub Koordinator Hukum, Organisasi dan Humas RSUP H Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak MIKom menyebutkan enam rumah sakit vertikal yang berkunjung dalam kegiatan visitasi di RS Adam Malik ini adalah RSUP Nasional Dr Cipto Mangunkusumo, RS Kanker Dharmais, RS Pusat Otak Nasional Prof Dr dr Mahar Mardjono, RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, RSUP Persahabatan dan RS Penyakit Infeksi Prof Dr Sulianti Saroso.

Ia mengatakan program pengampuan ini akan dilaksanakan terhadap layanan prioritas khususnya untuk layanan kanker, jantung, stroke, uronefrologi, tuberculosis, dan penyakit infeksi emerging.

Program ini merupakan implementasi transformasi kesehatan rujukan sesuai dengan Rencana Strategis Kementerian Kesehatan RI Tahun 2022-2024.

Dalam kegiatan visitasi ini, tim Kemenkes RI bersama enam rumah sakit vertikal langsung mengunjungi enam layanan prioritas tersebut di RS Adam Malik.

Keenam rumah sakit vertikal tersebut akan mengampu RSUP HAM dalam mengembangkan enam layanan prioritas.

Ke depannya RS Adam Malik akan mengampu sejumlah rumah sakit jejaring di wilayah Sumut dan sekitarnya dalam enam layanan prioritas tersebut.

Dalam program ini, RS Adam Malik akan bekerja sama dengan RSU Haji Medan di bawah Pemerintah Provinsi Sumut sebagai rumah sakit jejaring pengampuan di wilayah regional.

Sehari sebelumnya, tim Kemenkes RI bersama enam rumah sakit vertikal juga berkunjung langsung ke RSU Haji terkait dengan enam layanan prioritas yang akan diampu.

Kegiatan visitasi ini sekaligus dirangkai dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara rumah sakit pengampu nasional dan rumah sakit pengampu regional dengan Pemerintah Provinsi Sumut.

Turut hadir Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Direktur Utama RSUP H Adam Malik dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K), Direktur RSU Haji Medan, para direktur utama rumah sakit vertikal yang menjadi pengampu, serta undangan lainnya.

Selain itu, juga digelar kegiatan penyegaran pengampuan rumah sakit jejaring layanan kanker wilayah Provinsi Sumut.

Tim dari RS Kanker Dharmais tampil sebagai pembicara untuk menyampaikan materi tentang tata laksana kanker, deteksi dini kanker, standar baku emas diagnostik dan penetapan stadium, serta kualitas hidup dan manajemen nyeri pasien kanker.

Kegiatan penyegaran pengampuan rumah sakit jejaring layanan kanker turut dihadiri perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dan RSU Haji Medan, serta dari 12 rumah sakit jejaring di wilayah Sumut. Yaitu, RSUD Dr Pirngadi Medan, RSUD Dr RM Djoelham Binjai, RSUD Drs H Amri Tambunan Deli Serdang, dan RSUD Tanjung Pura.

Kemudian, RSUD Sultan Sulaiman Syariful Alamsyah Serdang Bedagai, RSUD Kabanjahe, RSUD Batubara, RSUD H Abdul Manan Simatupang Kisaran, RSUD Parapat, RSUD Aeka Kanopan, RSUD Tarutung, dan RSUD Rantau Parapat. (SS6/a)




Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Perawat RS Adam Malik Dipercaya Sebagai TKHK dalam Ibadah Haji 2024
3.883 Kasus TB/TBC di Kota Medan Sedang Diobati
DPRD SU Desak Kemenkes RI dan Dinkes Gerak Cepat Antisipasi Mewabahnya Kasus Malaria di Nisel
Waspada, Kasus Flu Singapura di Indonesia Mulai Meningkat
RS Adam Malik Lakukan Operasi Transplantasi Ginjal Pasien Keenam
WHO Warning Kasus Covid Dunia Naik Lebih dari 50 Persen dalam 4 Minggu Terakhir
komentar
beritaTerbaru