RS Adam Malik Lakukan Vaksin Moderna kepada Nakes Sampai 7 Agustus


459 view
RS Adam Malik Lakukan Vaksin Moderna kepada Nakes Sampai 7 Agustus
Foto harianSIB.com/Leo Bukit
VAKSIN: Direktur Utama RSUP H Adam Malik dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) saat menerima suntikan vaksinasi dosis ketiga atau vaksinasi booster di Gedung Paviliun RS Adam Malik, Selasa (3/8/2021).
Medan (harianSIB.com)

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik melakukan vaksinasi dosis ketiga atau vaksinasi booster Covid-19 bagi para tenaga kesehatan (nakes) di lingkungan rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan RI ini.

Vaksinasi booster Covid-19 ini dilakukan sesuai dengan instruksi pemerintah pusat menggunakan vaksin Covid-19 moderna yang merupakan hibah dari Covax Facility, Amerika Serikat.

"Kita sudah menerima vaksin moderna dari Jakarta yang didistribusikan melalui Dinas Kesehatan Sumut, Senin (2/8/2021) sore. Pada hari itu juga, kita langsung melakukan vaksinasi booster bagi nakes ini di Gedung Paviliun, Instalasi Pelayanan Eksekutif RS Adam Malik," kata Sub Koordinator Hukormas RSUP H Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak MIKom, Selasa (3/8/2021).

Pelaksanaan vaksinasi booster pada hari pertama di rumah sakit terakreditasi Joint Commission International ini diikuti sebanyak 117 nakes. Selanjutnya, Tim Vaksinasi Covid-19 RS Adam Malik sudah menjadwalkan sebanyak 300 nakes akan menjalani vaksinasi booster ini setiap hari sampai 7 Agustus 2021.

Pelaksanaan vaksinasi booster ini sendiri ditargetkan akan selesai pada awal September 2021 mendatang. Secara total, 3.873 nakes di RS Adam Malik sudah menerima vaksin Covid-19 dosis kedua dan memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksinasi booster.

Jumlah ini termasuk juga asisten tenaga kesehatan dan tenaga penunjang yang bekerja di rumah sakit tipe II A ini. Sedangkan alokasi vaksin moderna yang diterima dari Kementerian Kesehatan RI sebanyak 280 vial untuk penyuntikan 3.920 dosis.

Sementara itu, RS Adam Malik juga masih melayani vaksinasi Covid-19 dosis kedua bagi masyarakat umum yang sudah menjalani vaksinasi dosis pertama di rumah sakit ini. Vaksinasi Covid-19 dosis kedua ini dilakukan sesuai dengan jadwal masing-masing.

Sedangkan untuk vaksinasi Covid-19 dosis pertama bagi masyarakat umum, untuk sementara ini ditiadakan sampai stok vaksin kembali dikirim dari Jakarta. Sebagai informasi, RS Adam Malik sudah melaksanakan vaksinasi Covid-19 dengan dua dosis lengkap bagi seluruh pegawainya sejak tanggal 19 Januari 2021 lalu.

Rumah sakit ini juga melayani vaksinasi bagi nakes dari fasilitas kesehatan lainnya, serta vaksinasi bagi nakes lansia di atas usia 60 tahun. Kemudian, RS Adam Malik mulai membuka layanan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat umum sejak tanggal 8 Maret 2021. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Robert/Bantors
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com