RS Martha Friska Multatuli Resmi Tutup Tangani Pasien Covid-19

*Daerah Harus Siap Menangani Pasien Covid-19

131 view
Foto Dok/Leo Bukit
RS Martha Friska Multatuli Medan
Medan (harianSIB.com)

Rumah Sakit Martha Friska Multatuli Medan resmi tutup menangani pasien Covid-19, Selasa (4/5/2021). Seperti diketahui terhitung sejak tanggal 20 April, rumah sakit yang difungsikan sebagai tempat khusus pelayanan Covid-19 ini sudah tidak lagi menerima rujukan pasien.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah MM membenarkan penghentian layanan Covid-19 di RS Martha Friska. Oleh karena itu, saat ini Pemerintah Provinsi Sumut hanya tinggal memiliki satu rumah sakit khusus Covid-19 yakni RS GL Tobing.

"Hari ini resmi tutup. Pasiennya juga sudah tidak ada lagi, karena pasien terakhirnya sudah sembuh," kata Aris Yudhariansyah di Medan, Selasa (4/5/2021) malam.

Disinggung suatu saat terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Sumut, ia menjelaskan, hal itu sudah bisa diantisipasi dengan telah bertambahnya ruang isolasi baru di rumah sakit-rumah sakit swasta.

Ia mencontohkan di RS Royal Prima saat ini juga telah dilakukan penambahan sebanyak 20 ruang isolasi baru. "Jadi seharusnya tidak ada dampak berarti dengan tutupnya layanan Covid-19 di Martha Friska," jelasnya.

Diharapkan kabupaten/kota tidak lagi mengirimkan pasiennya ke Medan, kecuali dengan kondisi-kondisi khusus. Hari ini juga, semua kepala dinas dan direktur rumah sakit sedang melakukan pertemuan di Posko Satgas Covid-19 Sumut untuk membahas persoalan tersebut.

"Jadi daerah juga harus siap menangani pasien Covid-19. Sehingga pasien bisa dirujuk bila memiliki kondisi-kondisi yang khusus," tutupnya. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Robert/Eva R Pelawi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com