RS Pirngadi akan Resmikan Instalasi Onkologi Kanker


81 view
RS Pirngadi akan Resmikan Instalasi Onkologi Kanker
Foto Istimewa
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Pirngadi Medan
Medan (SIB)
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Pirngadi Medan dalam waktu dekat sudah bisa melayani masyarakat yang mengidap penyakit kanker. Rencana, paling lama bulan November ini akan diresmikan instalasi onkologi terpadu khusus kanker.

"Ke depan RS Pirngadi akan memiliki instalasi baru, instalasi onkokogi terpadu khusus kanker. Ini melibatkan berbagai disiplin ilmu para dokter yang khusus nanti melayani onkologi," kata Direktur Utama RSUD Dr Pirngadi Medan dr Suryadi Panjaitan MKes SpPD Finasim, seperti dikutip dari harianSIB.com, Senin (25/10).

Ia mengatakan, pelayanan ini dan administrasinya di lantai 6. "Nanti, pelayanan dan administrasinya langsung di lantai 6.

Pelayanan dan administrasi ini terdiri dari paramedik dan para spesialis yang menangani kanker. Ini akan segera kita bentuk dan akan bisa melayani pasien kanker," ucapnya.

Ia mengatakan, selama ini sudah ada tim kanker di bawah ketua tim kanker terpadu. Selain ketua tim kanker terpadu akan ada juga instalasi yang nantinya akan melaksanakan pelayanan langsung kepada pasien kanker.

"Di situ dipimpin oleh konsultan haematologi onkologi melibatkan dokter spesialis yang berkecimpung dalam kanker. Misalnya, genekologi onkologi, kebidanan, bedah onkologi, THT, patologi anatomi, dokter jiwa dan dipastikan semua akan lengkap," katanya lagi.

Sementara itu, persiapan instalasi onkologi ini sudah 70 persen sampai 80 persen. "Ruangan sudah siap tinggal persiapan struktur organisasinya, bulan ini sudah bekerja paling lambat November akan beroperasi. Ruangan onkologi kita itu sudah standar nasional termasuk obat-obatan sudah terpenuhi," paparnya.

Ia menambahkan yang paling penting, instalasi onkokogi ini nantinya bisa melayani pasien BPJS hingga unregister. "Semua kita harapkan bisa melayani dengan maksimal di RS Pirngadi, tidak ada lagi beban biaya kepada pasien, semua ditanggung.

Jika dia pasien pengguna BPJS ditanggung BPJS, kalau unregister Pemko Medan yang akan menanggung," tutupnya. (R6/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com