RSUD Rondahaim Usulkan Anggaran Insentif Nakes di P-APBD 2021 Rp 6 Miliar


190 view
RSUD Rondahaim Usulkan Anggaran Insentif Nakes di P-APBD 2021 Rp 6 Miliar
Foto Istimewa
RSUD Tuan Rondahaim
Simalungun (SIB)
Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rondahaim di Batu 20 Kecamatan Panombeian Pane Kabupaten Simalungun sudah mengusulkan anggaran untuk insentif tenaga kesehatan (nakes) yang menangani Covid-19 di Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (P-APBD) Tahun 2021 lebih kurang Rp 6 miliar.

Hal itu disampaikan Direktur RSUD Rondahaim dr Debora kepada wartawan melalui telepon selulernya, Jumat (20/8).

Lebih lanjut disampaikannya kebijakan tersebut dilakukan seiring keluarnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 17 tahun 2021 tentang pengelolaan transfer ke daerah pada Bulan Pebruari lalu dimana dana insentif diperbolehkan diambil dari Dana Alokasi Umum.

"Kalau tahun lalu anggaran insentif nakes berasal dari Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Dinas Kesehatan," sebut Debora.

Anggaran yang mereka usulkan tersebut nantinya dipergunakan untuk membayar insentif para nakes berjumlah 70 orang.

Disampaikan Debora besaran insentif yang diterima para nakes berdasarkan keputusan Menteri Kesehatan tentang insentif bagi tenaga kesehatan yang menangani Covid-19 adalah dokter spesialis Rp 15 juta, dokter umum dan gigi Rp 10 juta, bidan dan perawat Rp 7,5 juta dan tenaga medis lainnya Rp 5 juta.

Dana insentif untuk nakes di rumah sakit yang dia pimpin sudah masuk ke dalam aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), ujarnya. (D4/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com