Rajudin Sagala Minta Pemerintah Jaga Ketersediaan Susu dan Vitamin C di Pasaran


91 view
Rajudin Sagala Minta Pemerintah Jaga Ketersediaan Susu dan Vitamin C di Pasaran
Foto Dok
H Rajudin Sagala
Medan (SIB)
Minuman susu cair kaleng dan vitamin C kemasan botol sangat langka di pasaran. Biasanya kedua minuman ini ada dijual di warung-warung, tapi sekarang di supermarket pun sudah tidak ada. Terlebih vitamin C. Kalau susu di grosir-grosir masih ada, itu pun karena bertepatan grosir tersebut masih punya stok. Harganya pun Rp 15.000 dari harga sebelumnya Rp 7000.

Kelangkaan minuman ini dipicu makin meningkatnya kasus Covid-19 di seluruh Indonesia, khususnya Kota Medan. Susu dan vitamin C ini diyakini mampu meningkatkan imunitas tubuh. Pasien Covid yang melakukan isolasi mandiri (Isoman) sangat membutuhkan minuman tersebut, tapi sayangnya sudah sangat suit didapat.

Sebelum pemerintah menerapkan PPKM Darurat, sudah banyak pasien Covid yang Isoman. Selain karena penuhnya ruang isolasi Covid di rumah sakit rujukan, Isoman menjadi pilihan terbaik karena dianggap lebih terawat, asupan gizi yang dibutuhkan tubuh cepat didapat di mana-mana.

Tapi warga tampak gelisah melihat kelangkaan minuman ini. Seperti pengakuan Randika (nama samaran), pasien Isoman Covid warga Medan Helvetia mengeluhkan sulit mendapat minuman tersebut. Untuk mengatasinya, dia banyak memakan buah-buahan yang kaya vitamin C dan wedang jahe dicampur batang serai.

“Air kelapa muda wajib diminum setiap hari dan makan sop ayam kampung atau sop sapi. Pokoknya, banyak-banyaklah makanan bergizi. Karena akibat serangan Covid, badan kita lemas, daya tahan tubuh kita diserang, makanya disamping makan obat, makanan bergizi dan vitamin itu wajib dalam jumlah banyak. Makanya vitamin C dan susu itu sangat perlu, tapi karena langka di pasaran diganti dengan yang lain. Kondisiku sekarang sudah lebih segar,” kata Randika kepada wartawan, Sabtu (24/7).

Menanggapi kelangkaan minuman tersebut, Wakil Ketua DPRD Medan H Rajudin Sagala mengatakan, pemerintah harus segera memastikan semua kebutuhan pokok warganya cukup dan tersedia di pasaran. Tidak hanya sembako, tapi juga kebutuhan lainnya di masa pandemi Covid seperti sekarang ini. Misalnya, minuman untuk meningkatkan daya tahan tubuh seperti susu dan vitamin C.

“Sehingga, dengan tersedianya barang tersebut, warga dapat lebih meningkatkan imunitas tubuhnya dengan mengkonsumsi susu dan vitamin tersebut, terutama bagi mereka terkena covid di rumah sakit dan sedang menjalani isolasi mandiri di rumah,” tuturnya. (A8/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com