Rakor di Parapat, Sandiaga Uno Terima Usulan Percepatan Pengesahan ITMP Danau Toba


233 view
Foto : Dok/Dinas Pariwisata Samosir
RAKOR : Rapat kordinasi akselerasi pengembangan destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba, dipimpin Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiago S Uno,  Kamis (10/6/2021), di  Parapat, Kabupaten Simalungun.
Samosir (harianSIB.com)

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melaksanakan rapat koordinasi (rakor) akselerasi pengembangan destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba, Kamis (10/6/2021), di Parapat, Kabupaten Simalungun.

Kadis Pariwisata Samosir, Dumosch Pandiangan kepada jurnalis Koran SIB Marihot Simbolon, Jumat (11/6/2021), di Pangururan, mengatakan, rakor tersebut dipimpin Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiago S Uno.

Rakor juga dihadiri Gubernur Sumatera Utara diwakili Asisten Ekbang Sekdaprov Sumut, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenkomarves, Odo Manuhutu, Dirut BPODT Jimmy B Panjaitan, Bupati dan Ketua DPRD se-kawasan Danau Toba, Kepala Dinas Pariwisata se-kawasan Danau Toba, BP Geopark Kaldera Toba, Kepala BPIW Kementerian PUPR dan para Kepala Balai Kementerian/Lembaga di Sumatera Utara.

Dumosch mengatakan, setelah paparan Integrated Tourism Master Plan (ITMP) yang disampaikan Kepala BPIW, para bupati memberikan tanggapan terhadap muatan ITMP Danau Toba

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom mendorong percepatan terbitnya Peraturan Presiden tentang ITMP Danau Toba, untuk percepatan akselerasi pengembangan DPSP Danau Toba.

Dengan terbitnya Perpres ITMP Danau Toba, ada kepastian kebijakan dari sisi regulasi yang juga akan menciptakan kepastian iklim usaha dan investasi di kawasan Danau Toba.

Vandiko juga mengusulkan agar para bupati se-kawasan Danau Toba lebih intens mengadakan pertemuan dan koordinasi, sehingga akan terjalin sinergitas dan tentunya akan menghilangkan jarak antara Pemerintah Kabupaten di kawasan Danau Toba.

Selain itu, Vandiko mengusulkan adanya dukungan peningkatan sarana prasarana 45 desa wisata di Kabupaten Samosir, adanya sinergitas peningkatan aksesibilitas yakni pelebaran jalan Tigaras Kabupaten Simalungun, yang merupakan salah satu pintu masuk utama ke Kabupaten Samosir.

Sandiago Uno dalam paparannya setuju dengan saran Bupati Samosir agar bupati di kawasan Danau Toba, mengadakan pertemuan secara rutin yang dilaksanakan secara bergiliran. Sandiaga pun mengatakan akan hadir.

Sandiaga mengatakan pariwisata yang akan dikembangkan di DPSP Danau Toba adalah pariwisata yang berkelanjutan, berkualitas yang didukung SDM yang berkulitas dengan mengintegrasikan seluruh potensi yang dimiliki kabupaten di kawasan Danau Toba melalui pemanfaatan aplikasi atau platform.

"ITMP sendiri akan disempurnakan melalui masukan-masukan yang sifatnya teknis dan kebutuhan kawasan secara terintegrasi dan komprehensif," ujar Sandiaga. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com