Rangka Atap Bangunan SDN 053998 Bukit Jengkol Pangkalansusu Langkat Ambruk


121 view
(Foto: SIB/Lesman Simamora)
Ambruk: Rangka atap bangunan SDN 053998 Bukit Jengkol Kecamatan Pangkalansusu Langkat, ambruk, foto direkam, Sabtu (8/5).
Pangkalansusu (SIB)
Rangka atap bangunan SDN 053998 Bukit Jengkol, Kecamatan Pangkalansusu Langkat, yang sudah menahun rusak parah, akhirnya ambruk, Sabtu (8/5).

Kini kuda-kuda bangunan berikut atap seng serta plafon ruang Kepsek dan guru tersebut roboh alias beratapkan langit, sehingga butuh segera dilakukan perbaikan.

Pantauan SIB, material kayu kuda-kuda bangunan sudah dalam kondisi lapuk diduga penyebab rangka atap bangunan roboh. Oknum Kepsek dan penjaga sekolah terlihat membersihkan puing-puing bangunan seperti atap seng dan material kayu yang berjatuhan.

Selain itu, dua ruang kelas belajar (RKB) di sekolah tersebut, juga dalam kondisi memprihatinkan, material kayu pada bagian plafon sudah lapuk hingga asbesnya berjatuhan.

Kondisi sekolah bisa terjadi separah itu, selain diduga bangunan sudah termakan usia, juga minimnya perawatan gedung yang dilakukan pihak terkait.

Untuk itu, diminta perhatian dan keseriusan pejabat Dinas P&P Langkat untuk segera memperbaiki bangunan yang ambruk, ujar pemerhati pendidikan Chairuddin kepada SIB di Pangkalansusu.

Menurut dia, ruang guru/Kepsek itu sudah cukup lama mengalami kerusakan, namun pihak terkait terkesan menutup mata, hingga akhirnya satu ruangan tersebut roboh, ujarnya dengan nada prihatin.

"Tolonglah bangunan yang rusak itu segera diperbaiki, sehingga peserta didik, dan guru akan merasa nyaman saat proses belajar/mengajar berlangsung sesuai rencana pemerintah bahwa bulan Juli 2021 ini akan dilakukan uji coba belajar tatap muka," harapnya.

Terpisah, Kepala SDN 053998 Bukit Jengkol, Normadiah Hafni S.Pd yang ditemui SIB, di lokasi sekolah, ia membenarkan ruang Kepsek dan guru tersebut ambruk, ujarnya singkat.

Sementara itu, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Langkat, Dr Saiful Abdi coba dikonfirmasi SIB, Minggu (9/5), melalui pesan singkat WhatsApp-nya, namun yang bersangkutan tidak merespon. (A11/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Tag:ambruk
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com