Ratusan ASN Pemkab Labusel Tes Urin Mendadak


230 view
Ratusan ASN Pemkab Labusel Tes Urin Mendadak
Liputan6.com
Ilustrasi tes urine

Kotapinang (harianSIB.com)

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemkab Labuhanbatu Selatan (Labusel) bekerja sama dengan BNNK Labuhanbatu Utara (Labura) menggelar tes urin mendadak terhadap 200 ASN jajaran Pemkab Labusel yang berstatus pejabat eseleon II dan III, Selasa (16/11/2021).

Sejumlah ASN yang dites urin di antaranya, Sekdakab Labusel Heri Wahyudi, Staf Ahli Bupati masing-masing Abdul Manan Ritonga, Sahrul Tanjung, dan Mara Sakti Siregar. Selain itu, para Asisten yakni, Ahmad Fuad, Ralikul Rahman, dan Fuadi serta 31 Kepala OPD.

Semula para pejabat eselon II itu diundang untuk mengikuti coffee morning di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Pemkab Labusel. Di tengah pelaksnaaan coffee morning, tiba-tiba petugas BNN dipimpin Kepala BNNK Labura, Kompol Ramlan Ritonga datang dan mengambil sampel urin seluruh pejabat yang hadir.

Selain pejabat eselon II, sejumlah pejabat eselon III terdiri dari Kepala Bidang juga dilakukan tes urin. Tidak hanya itu, beberapa Korwil Dinas Pendidikan serta Kepala Puskesmas juga menjadi sasaran tes urin tersebut.

Para pejabat eselon III itu semula diundang untuk menghadiri rapat dengan agenda sinergitas dan optimalisasi pelaksanaan tugas. Setiba di aula Kantor Bupati Labusel, mereka justru diambil sampel urin oleh personel BNNK Labura.

Pelaksanaan tes urin tersebut diawasi langsung Wabup Labusel, H Ahmad Padli Tanjung, dan Sekdakab Heri Wahyudi Marpaung.

Kepala Badan Kebangpol, Zulkifli Siregar menjelaskan, tes urin diikuti pejabat eselon II mulai dari Sekda, Staf Ahli, Asisten dan kepala OPD. Selain itu, pejabat eselon III terdiri dari Sekretaris OPD, Kabag, Camat, Kabid, Sekcam, Kepala Puskesmas, dan Korwil Dinas Pendidikan di kecamatan.

"Tes urin ini dilakukan kepada 200 pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemkab Labuhanbatu Selatan," katanya.

Dikatakan, kegiatan tersebut merupakan kerja sama Pemkab Labusel dan BNNK Labura, sebagai tindak lanjut Instruksi Bupati Labusel. Terkait hasil tes urin, kata dia, akan diserahkan kepada bupati sebagai privatisasi. (*)

Penulis
: Rudi Afandi Simbolon
Editor
: Robert/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com