Ratusan Kios di Pajak Lama Perbaungan Sergai Terbakar


232 view
Ratusan Kios di Pajak Lama Perbaungan Sergai Terbakar
Foto Dok/Yus
TERBAKAR : Api melahap ratusan kios di Pajak Lama Perbaungan, Kabupaten Sergai yang terbakar, Kamis (16/9/2021).
Sergai (harianSIB.com)

Ratusan kios dan lapak pedagang di Pajak Lama Perbaungan di Jalan Deli, Kelurahan Simpang Tiga Pekan, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) terbakar, Kamis (16/9/2021) pagi.

Dugaan sementara penyebab kebakaran akibat adanya korsleting arus pendek. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Demikian juga besarnya kerugian materi yang ditimbulkan belum dapat diperkirakan secara pasti.

Informasi dihimpun dari warga di lokasi, kejadian bermula sekitar pukul 06.25 WIB namun api mulai membesar hingga meludeskan ratusan kios dan lapak pedagang yang ada di pajak tersebut.

Sejumlah mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai, dibantu Damkar milik Pemkab Deliserdang berjibaku memadamkan kobaran api.

Setelah mobil pemadam kebakaran turun ke lokasi, api mulai dapat dipadamkan. "Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa, karena para pedagang belum datang," jelas pengemudi becak bermotor yang sering mangkal di depan Pajak Lama Perbaungan ini.

Sementara, Kasatpol-PP Sergai, Fajar Simbolon mengatakan, hampir seluruh kios dan lapak pedagang yang ada di pajak tersebut ludes terbakar. Tujuh unit kendaraan pemadam kebakaran diturunkan ke lokasi untuk memadamkan api.

"Total kios yang terbakar belum didata. Penyebab kebakaran juga belum diketahui. Nanti ya, kita padamkan dulu apinya," katanya.

Hal senada disampaikan Kapolsek Perbaungan, AKP Viktor Simanjuntak melalui Kanit Reskrim, Ipda Zulpan Ahmadi. Pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebab peristiwa kebakaran tersebut.

"Penyebab pastinya masih dalam penyelidikan, dugaan sementara dapat kita simpulkan akibat korsleting arus pendek," ungkapnya.

Zulpan juga mengaku belum dapat memastikan besarnya kerugian materi yang ditimbulkan. Namun dia memperkirakan ada sekitar 80 unit bangunan Ruko permanen dan seratusan kios pedagang yang terbakar.

"Saat ini kita masih melakukan olah TKP dan mengumpulkan keterangan saksi. Nanti kita kabari lagi ya," tutup Zulpan. (*)

Penulis
: Rimpun H Sihombing
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com