Sabtu, 22 Juni 2024 WIB

Ratusan Masyarakat Gelar Aksi Peduli Rempang Galang

Redaksi - Sabtu, 23 September 2023 20:57 WIB
332 view
Ratusan Masyarakat Gelar Aksi Peduli Rempang Galang
(Foto : SIB/ Pahala Sinaga)
AKSI : Aktivis dan masyarakat menggelar Aksi Peduli Rempang Galang dengan berjalan kaki menuju kantor DPRD Kota Tanjungbalai, Jumat (22/9). 
Tanjungbalai (SIB)
Ratusan masyarakat dari berbagai lembaga, organisasi, majelis adat, tokoh agama, mahasiswa serta aktivis yang ada di Tanjungbalai menggelar aksi solidaritas peduli Rempang Galang, Jumat (22/9).
Aksi dilakukan dengan berjalan kaki dari depan Mesjid Raya Sultan Ahmadsyah menuju Jalan Imam Bonjol-Jalan Tengku Umar- Jalan Sutomo-Bundaran SMPN 1 Tanjungbalai dan berakhir di depan Kantor DPRD Kota Tanjungbalai.
Sembari berjalan kaki, koordinator aksi menyuarakan aspirasi dan desakan terhadap pemerintah untuk menyelesaikan persoalan di Rempang Galang.
Ramadhan, salah satu aktivis yang ikut dalam aksi tersebut meminta agar DPRD Kota Tanjungbalai bisa menyikapi suasana yang terjadi di Rempang-Galang, dan juga menyampaikan aksi protes kepada Presiden Republik Indonesia dan DPR RI yang ada di Senayan.
"Kami meminta suara DPRD agar menyikapi suasana yang terjadi di Rempang-Galang, suasana yang terjadi di sana sangat mencekam. Investasi hanya sebagian kecil bagi kepentingan rakyat, tapi lebih besar untuk kepentingan cukong-cukong yang mencuri uang negara. Semua investasi itu hanya ladang maling bagi koruptor, pencuri uang negara yang ada di Republik Indonesia ini," sebut Ramadhan.
Massa juga meminta agar pemerintah mengembalikan hak masyarakat Melayu terhadap lahan mereka serta menjamin agar budaya Melayu tidak hilang.
"Aksi ini merupakan gabungan berbagai elemen masyarakat. Kami desak agar pemerintah memastikan perlindungan dan pengakuan terhadap seluruh hak dasar masyarakat adat kampung Tua Melayu di Pulau Rempang dan Galang," kata Rudy Bakti, koordinator aksi lainnya.
Dengan aksi ini, kata Rudy, masyarakat Tanjungbalai sangat mendukung perjuangan warga Melayu di Pulau Rempang dan Galang. Mereka juga meminta agar warga Melayu tidak diintimidasi dan ditindas.
"Kami ingin warga Melayu jangan diintimidasi dan tidak ditindas. Berikan hak hak warga Melayu Rempang dan Galang," ujarnya.
Selanjutnya para aktivis melanjutkan aksi di depan Kantor DPRD dan aksi tersebut disambut baik Ketua DPRD Kota Tanjungbalai Tengku Eswin ST.
Dalam sambutannya, Tengku Eswin berjanji akan menyampaikan segala aspirasi, karena dia merupakan putra Melayu.
"Segala aspirasi yang disampaikan, kami yang hadir di sini ada Wakil Ketua dan juga Wakapolres berjanji akan meneruskan apa yang menjadi aspirasi saudara semua, saya juga merupakan putra Melayu. Saya sedih, semoga dengan hadirnya saudara-saudara semua disini, kita bersama memantau dan ikut mendoakan," kata Tengku Eswin. (E2/a)


Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Ratusan Pemuda Lakukan Aksi Solidaritas Bela Rakyat Palestina di Kecamatan Bandar
Ratusan Warga Tanjungbalai Gelar Aksi Peduli Rempang Galang
Puluhan Wartawan Samosir Gelar Aksi Solidaritas Penembakan Pimred Media Online di Simalungun
KASMPTA-TT Gelar Aksi Penolakan Omnibus Law dengan Damai
komentar
beritaTerbaru