Ratusan Meter Jalan Lingkar Luar Parapat Belum Selesai Dibangun


119 view
(Foto SIB/Linggom Parhusip).
JALAN TANAH: Kondisi Jalan Lingkar Luar Parapat di Simpang Sitahoan Nagori Girsang Sipangan Bolon Simalungun masih sempit dan tanah, Senin (1/3).
Parapat (SIB)
Sekira dua ratus meter ruas jalan lingkar luar Parapat mulai dari Simpang Palang Nagori (Desa) Pondokbulu Kecamatan Dolokpanribuan hingga Simpang Sitahoan Nagori Girsang Sipanganbolon Kecamatan Girsang Sipanganbolon Simalungun belum selesai dikerjakan alias masih jalan tanah sehingga mengganggu pengendara.

Hal tersebut disampaikan warga Sitahoan bermarga Manik dan Sinaga serta pengguna jalan Ambarita kepada SIB di Dusun Sitahoan Kecamatan Girsang Sipanganbolon Simalungun, Senin (1/3).

Sinaga mengatakan, sekira 260 meter dari 19 kilometer kondisi ruas jalan lingkar luar Parapat di Dusun Sitahoan Kecamatan Girsang Sipangan Simalungun hingga saat ini menganggu pengguna jalan karena badan jalan sempit dan jalan tanah sehingga mengeluarkan debu pada musim kemarau dan berlumpur pada musim penghujan, sehingga belum layak dilalui kendaraan baik menuju ke dan dari Kabupaten Toba-Pematangsiantar.

"Satu tahun terakhir pengerjaan jalan lingkar luar Parapat di Sitahoan telah ditinggalkan rekanan pengerjaan dengan alasan terkendala di pembebasan lahan dan hingga saat ini tak kunjung dikerjakan tidak tahu apa kendalanya, apa sengketa lahan belum tuntas atau anggarannya belum turun," ujar Sinaga dan Manik.

Disampaikan, ruas jalan lingkar luar Parapat mulai dari Simpang Palang Nagori Pondok Bulu Kecamatan Dolok Panribuan-Simpang Sitahoan Nagori Girsang Sipangan Bolon sepanjang kurang lebih 19 kilometer selayaknya tuntas dikerjakan agar berfungsi optimal untuk mengurai kemacetan arus lalulintas di kota wisata Parapat pada saat musim liburan.

Sementara itu, pengguna jalan Marga Ambarita menyayangkan ruas jalan lingkar Parapat Simpang Palang-Simpang Sitahoan yang berfungsi untuk merekayasa arus lalulintas baik dari arah Kabupaten Toba-Pematangsiantar dan sebaliknya hingga saat ini belum tuntas bahkan mengganggu pengguna jalan.

Warga dan pengguna jalan berharap agar pengerjaan ruas jalan lingkar luar Parapat Simpang Sitahoan-Simpang Palang dituntaskan sehingga dapat berfungsi sebagai jalan alternatif menuju Kabaputen Toba dan menuju kota wisata Parapat.(D09/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com