Ratusan Pengungsi Sinabung Unjuk Rasa Tuntut Pemkab Karo Segera Realisasikan Lahan Usaha Tani


427 view
Ratusan Pengungsi Sinabung Unjuk Rasa Tuntut Pemkab Karo Segera Realisasikan Lahan Usaha Tani
(Foto/SIB/Sonry Purba)
Unjuk Rasa: Ratusan pengungsi Sinabung  relokasi tahap III masing- masing dari Desa Sukanalu, Mardinding, Sigarang-garang dan Dusun Lau Kawar Kecamatan Naman Teran, Karo unjuk rasa ke DPRD Karo, Kamis (9/12). 

Karo (SIB)

Ratusan pengungsi Sinabung relokasi tahap III masing-masing dari Desa Sukanalu, Mardinding, Sigarang-garang dan Dusun Laukawar Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo unjuk rasa ke DPRD Karo, Kamis (9/12).


Mereka menuntut Pemkab Karo segera merealisasikan Lahan Usaha Tani (LUT) yang seharusnya telah diterima para pengungsi tahap III pada tahun sebelumnya.


Titik kumpul massa di Makam Pahlawan Kabanjahe. Selanjutnya bergerak ke DPRD Karo dengan membentangkan spanduk yang bertuliskan di antaranya “Menuntut Bupati Karo memberikan lahan usaha tani relokasi tahap III. Enam tahun hanya janji. Aksi mereka ini mendapat pengawalan dari personel Polres Karo.


Menurut massa, mereka merasa ditelantarkan selama 6 tahun karena lambatnya memberikan LUT relokasi tahap III kepada pengungsi Gunung Sinabung. "Relokasi sudah lama ditunggu-tunggu, tapi hanya mendapatkan janji-janji belaka," ucap pengunjuk rasa.


Sejumlah perwakilan massa diterima di gedung DPRD Karo untuk berdialog dan bermusyawarah dengan Ketua DPRD Karo Iriani Tarigan bersama Bupati Karo, Cory S Sebayang dan para anggota DPRD Karo lainnya. Turut hadir Kapolres Karo, AKBP Yustinus Setyo SH SIK, Dandim 0205/TK, Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto.


Kapolres Karo, AKBP Yustinus Setyo SH SIK mengatakan kepada massa agar jangan terprovokasi dengan hal-hal yang mengakibatkan kerusuhan.


Menurut seorang warga bermarga Sitepu, rumah relokasi tahap III selesai tiga tahun lalu. Namun, katanya, mereka tidak mungkin tinggal di sana kalau tidak ada LUT.


"Bagaimana kami bisa mandiri. Pada bulan Oktober lalu sudah RDP tapi sampai saat ini belum ada tanda-tanda kami mendapatkan LUT, kami tidak mau terus janji-janji kami mau kepastian," ungkapnya.


Icha Br Sitepu, seorang warga Desa Sukanalu Teran, Kecamatan Naman Teran mengatakan, sampai saat ini tidak ada kepastian dan mereka sepakat bertahan sampai ada keputusan yang jelas.


Bupati Karo, Cory S Sebayang menanggapi keluhan warga tersebut mengatakan pihaknya ingin mempercepat LUT tetapi banyak halangan yang dihadapi. "Warga Portibi Lama dan Portibi Tembe juga menuntut, kita takut terjadi keributan yang dapat menimbulkan konflik akan tetapi masalah ini akan kami bawa ke pusat," ucapnya.


Pantauan wartawan pengungsi Sinabung relokasi tahap III ini masih tetap bertahan dan berorasi pada pukul 17.00 WIB. Mereka masak bersama untuk kebutuhan malam hari di halaman gedung DPRD Karo. (BR2/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com