Ratusan Warga Terlantar di Malaysia Dijemput Bupati Batubara di Teluknibung

* Pemkab Tanggung Biaya Transportasi

168 view
Foto SIB/Patar Sitorus
BERI KETERANGAN : Bupati Batubara Zahir (tengah) memberikan keterangan kepada wartawan di pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai, Kamis (11/2).
Batubara (SIB)
Bupati Batubara, Zahir bersama Ketua TP PKK Maya Indriasari menjemput warga Batubara yang terlantar di Malaysia akibat kebijakan lockdown karena pandemi Covid-19 di Pelabuhan Teluknibung Tanjungbalai, Kamis (11/2) dini hari.

Mereka tiba dari Port Klang Malaysia di pelabuhan Teluknibung Tanjungbalai, Kamis(11/2) dengan menggunakan kapal ferry sekira pukul 01.30 WIB. Penjemputan warga yang melibatkan instansi vertikal lainnya itu menerapkan protokol kesehatan.

Turut mendampingi bupati, Sekda Sakti Alam Siregar, Asisten I Rusian Heri, Kadis Kesehatan dr Wahid, Kadishub Jonis Marpaung, Kadisnaker Erinaldo, Kadis Sosial Ishak Liza, Kadis Kominfo Andre Rahadian serta lainnya.

Zahir kepada wartawan menyebutkan, warga yang dipulangkan 221 orang, enam di antaranya titipan dari kedutaan, namun warga Sumut. Proses selanjutnya, mereka akan menjalani karantina.

Dijelaskan, proses penjemputan warga Batubara sudah cukup lama dan berlarut-larut karena lokcdown di Malaysia, sehingga baru hari ini terkabulkan. Menurutnya, pemulangan ini karena pekerjaan kemanusiaan.

"Akibat lockdown, tidak bekerja, tidak makan dan akhirnya mereka terlantar. Kita harus jemput, sebagai kepala daerah bertanggung terhadap masyarakat", sebut Zahir.

Bupati Batubara menegaskan, dalam penjemputan warga ini, Pemkab Batubara hanya menanggung transportasi dari Port Klang ke Tanjungbalai, lalu, Tanjungbalai ke tempat karantina. Dari karantina nanti diantar ke rumahnya, katanya. (A13/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com