Rayakan Hardiknas di Dusun Terpencil Deliserdang, Pelindo 1 Edukasi Anak-anak Pesisir


270 view
Rayakan Hardiknas di Dusun Terpencil Deliserdang, Pelindo 1 Edukasi Anak-anak Pesisir
Foto : Dok/Humas Pelindo 1
Edukasi : Merayakan Hardiknas 2021,  Pelindo 1 memberikan edukasi tentang dunia martim dan pelabuhan kepada anak-anak di Dusun Kurandak, Labuhan Deli, Kabupaten Deliserdang, Minggu (2/5/2021).

Belawan (SIB)

Dalam rangka merayakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2021, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 memberikan edukasi dunia maritim dan pelabuhan kepada anak-anak pesisir di Dusun Kurandak, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deliserdang.


Menurut pihak Humas Pelindo 1, dalam siaran persnya yang diterima wartawan, Senin sore (3/5) terhadap puluhan anak-anak pesisir diberikan perlengkapan belajar untuk melengkapi literasi yang selama dianggap kurang memadai, dengan tujuan untuk menumbuhkan kecintaan pada dunia pendidikan dan maritim.


Lebih lanjut, VP Public Relations Pelindo 1, Fiona Sari Utami mengatakan, kegiatan sosial itu merupakan aksi nyata Pelindo 1 dalam mendukung pendidikan, khususnya masyarakat yang berada di sekitar wilayah kerja Pelindo 1.


“Kegiatan edukasi ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial, khususnya bagi masyarakat di sekitar wilayah kerja Pelindo 1, dengan memberikan edukasi dini kepada anak-anak, untuk menumbuhkan kesadaran literasi, serta mengenalkan bagaimana peran maritim dan pelabuhan bagi masyarakat,” ujar VP Public Relation Pelindo 1.


Dalam kegiatan tersebut, Pelindo 1 bekerja sama dengan Komunitas Rumah Kita, mengajak anak-anak membaca dan menulis, serta memberikan edukasi tentang kepelabuhanan melalui cerita dan kegiatan mewarnai, selain itu, sehubungan dengan bulan puasa, juga dilaksanakan kegiatan pesantren kilat.


Disebutkan, Dusun Kurandak terpilih sebagai tempat kegiatan tersebut, karena lokasinya yang berada di wilayah terpencil, dengan akses dan fasilitas yang belum memadai dan mayoritas anak-anak memiliki kemampuan literasi terbatas.


Terkait dengan kegiatan tersebut, Kepala Dusun Kurandak, Darwansyah Nasution sangat mengapresiasi kegiatan sosial yang dilakukan Pelindo 1, karena warganya sangat membutuhkan fasilitas pendidikan, karena dusun tersebut hanya memiliki sarana pendidikan tingkat sekolah dasar, sedangkan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi serta untuk mendapatkan pelayanan kesehatan masyarakat harus menempuh jarak sejauh 17 kilometer melalui jalur darat, atau 3 kilometer melalui jalur laut. (A9/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com