Razia Gabungan di Lapas Siborongborong dan Rutan Tarutung, Petugas Amankan Sajam


205 view
Razia Gabungan di Lapas Siborongborong dan Rutan Tarutung, Petugas Amankan Sajam
Foto Dok/Humas Rutan Tarutung
RAZIA : Petugas dari Rutan Kelas II B Tarutung, Polres Taput dan TNI dari Kodim 0210/TU melakukan razia gabungan ke blok hunian warga binaan pemasyarakatan.
Tapanuli Utara (SIB)
Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Siborongborong bersama aparat penegak hukum (APH) dari Polsek Siborongborong dan Koramil 18 Siborongborong melaksanakan razia gabungan di kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Selasa (6/4) malam.

Razia tersebut dipimpin Kepala Lapas Kelas II B Siborongborong, M Pithra Jaya Saragih bersama Kapolsek Siborongborong AKP B Silalahi dan Danramil 18 Siborongborong Kapten G Sebayang.

Kegiatan itu diselenggarakan dalam rangkaian memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-57 tahun dan sebagai upaya deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban dan sebagai bentuk sinergitas jajaran pemasyarakatan dengan aparat penegak hukum (APH).

Kegiatan razia gabungan itu dilaksanakan secara serentak oleh Lapas dan Rutan berdasarkan Surat Edaran Dirjen PAS No. PAS.2-PK.02.10.02-143. Razia ini juga dilaksanakan sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan keamanan ketertiban pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Siborongborong.

Kegiatan razia tersebut dibagi menjadi 3 tim dengan jumlah keseluruhan personel 42 orang.

Dari hasil giat razia gabungan yang ada di kawasan Lapas Kelas IIB Siborongborong, petugas berhasil mengamankan 12 handphone, 10 senjata tajam dan 14 charger dari kamar hunian WBP.

Hasil tangkapan tersebut langsung dimusnahkan dengan cara dibakar di lapangan Futsal Lapas Siborongborong.

Rutan Tarutung
Sementara itu, Rumah Tahanan (Rutan) Pemasyarakatan Kelas II B Tarutung juga melakukan razia gabungan ke kamar blok hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP), Selasa (6/4) malam.

Razia gabungan dipimpin Kepala Rutan Tarutung, Leonard Silalahi bersama personel dari Rutan, Polres Taput dan Kodim 0210/TU. Personel yang melakukan razia 36.

Razia dilakukan ke Blok Diponegoro mulai dari kamar A1 sampai kamar A10 dan Blok Sisingamangaraja mulai dari kamar B1 sampai kamar B6 serta aula. Total kamar hunian yang dirazia 17 kamar.

Dari giat razia di kamar hunian, petugas berhasil mengamankan 4 handphone, 6 charger, 5 headset, 15 mancis, 4 sendok besi, 23 paku, 4 pinset, 2 gunting kuku, 1 pisau, 1 pisau silet, 1 gunting, 10 tangkai sikat gigi, 5 cukur, 8 gulung kawat, 11 botol kaca, 3 tali pinggang dan 3 set kartu remi.

Kepala Rutan Tarutung, Leonard Silalahi menyampaikan, seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan baik. Kegiatan itu diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-57 tahun dan sebagai upaya deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban serta sebagai bentuk sinergitas jajaran pemasyarakatan dengan aparat penegak hukum (APH).

"Kegiatan razia gabungan itu dilaksanakan secara serentak oleh Lapas dan Rutan dengan berdasarkan Surat Edaran Dirjen PAS No. PAS.2-PK.02.10.02-143. Razia ini juga dilaksanakan sebagai upaya pencegahan dan penaggulangan keamanan ketertiban di Rutan Tarutung, " terangnya. (F4/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com