Realisasi Penerimaan BC Kanwil Sumut 2021 Melebihi Target


121 view
Realisasi Penerimaan BC Kanwil Sumut 2021 Melebihi Target
foto Humas DjBN Sumut
Inilah mereka yang hadir dalam acara  Press Conference Pemulihan Ekonomi Nasional dan Perkembangan Pendapatan dan Belanja Negara di Sumut, secara daring, Jumat (23/7).
Medan (SIB)
Realisasi penerimaan bea dan cukai di lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (BC) Sumatera Utara pada semester I tahun 2021 di atas target.

Target penerimaan bea dan cukai tahun 2021 yang ditetapkan sebesar Rp 1,475 triliun, tapi berhasil dicapai sebesar Rp 2,475 triliun atau dalam enam bulan pertama penerimaan sudah melebihi target tahun 2021.

“Kinerja penerimaan tersebut sudah mencapai 164,63 % , dari target 2021 sebesar Rp 1,475 triliun,” ungkap Plt Kepala Kanwil Ditjen BC Sumut Ambang Priyonggo .

Ia mengatakan itu pada acara konferensi pers secara virtual yang difasilitasi Kantor Kementerian Keuangan Perwakilan Sumatera Utara pada Jumat (23/7).

Hadir dan turut memberikan sambutan pada acara tersebut mantan Direktur Jenderal BC Pambudi yang baru dilantik menjabat Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan.

Selanjutnya Priyonggo mengatakan, penerimaan tersebut dihimpun dari tiga pos sumber penerimaan utama yakni Bea Masuk (BM) sebesar Rp 456 miliar, Bea Keluar Rp 1.487 miliar dan Cukai Rp 484 miliar.

"Jadi memang, kinerja penerimaan tersebut sangat membanggakan apalagi di tengah pandemi Covid-19 dari target penerimaan tiga pos terkait yang dipatok pada tahun 2020,” ujarnya.

Diketahui, target penerimaan BM, BK dan Cukai pada tahun 2020 masing masing Rp 367 miliar, Rp 21 miliar dan 362 miliar.

Selain memaparkan penerimaan, Priyonggo juga mengungkapkan penindakan yang dilakukan pihaknya pada Januari Juni 2021 yakni di bidang impor sebanyak 276 kali, penindakan ekspor tiga kali, penindakan cukai 185 kali serta penindakan dalam bidang penyelewengan fasilitas 5 kali.

Pencapaian kinerja tersebut, katanya, merupakan wujud kerja keras jajarannya sekaligus menjadi motivasi untuk bekerja lebih giat dan keras lagi dalam upaya menopang penghimpunan penerimaan negara.
Penerimaan Pajak
Sementara itu realisasi penerimaan pajak hingga Semester I tahun 2021 di Sumatera Utara yang terdiri dari Kanwil Ditjen Pajak Sumut I dan II mencapai Rp10,289 triliun atau 40,80 % dari target penerimaan pajak.

“Realisasi penerimaan pajak tersebut tumbuh 2,99 % dari periode yang sama di tahun 2020,” sebut Kepala Kanwil Ditjen Pajak Sumut I Eddy Wahyudi dalam Press Conference Pemulihan Ekonomi Nasional dan Perkembangan Pendapatan dan Belanja Negara di Sumut secara daring, Jumat (23/7).

Ia merinci target penerimàan pajak Sumut I tahun 2021 ditetapkan sebesar Rp 19,34 triliun lebih, realisasinya Rp8,12 triliun lebih atau 41,97%. Sedangkan Kanwil DJP Sumut II target pajaknya Rp5,872 triliun lebih dengan realisasinya Rp2,169 triliun lebih atau 36,94%.

Menurut Eddy Wahyudi, pertumbuhan kinerja penerimaan pajak tersebut mengindikasikan pertumbuhan konsumsi dan pemulihan kegiatan ekonomi di regional Sumatera Utara.

"Pertumbuhan penerimaan pajak ditunjang dari pertumbuhan PPN dan PPnBM serta pajak lainnya. Dalam pandemi Covid-19, kebijakan insentif pajak tetap dilanjutkan antara lain insentif pada pajak UMKM, insentif PPN dan insentif PPNBM Kendaraan Bermotor,” katanya.

Hadir juga Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumut, Tiarta Sebayang selaku Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sumut, Kepala Kanwil Ditjen Pajak Sumut II, Anggrah Warsono dan Kepala Kanwil Ditjen Kekayaan Negara, Teddy Syandriadi. (A1/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com