Rekapituasi Hasil Pemilu Tingkat PPK di Labusel Masih Belum Rampung


269 view
Rekapituasi Hasil Pemilu Tingkat PPK di Labusel Masih Belum Rampung
(ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Ilustrasi. Setelah pelaksanaan Pemilu dilanjutkan dengan rekapitulasi hasil penghitungan suara. Simak apa itu rekapitulasi hasil penghitungan suara 
Kotapinang (harianSIB.com)
Proses rekapitulasi hasil perhitungan suara Pemilu 2024 di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel), masih belum rampung.
Berdasarkan pengamatan wartawan, hingga Selasa (20/2/2024) siang, seluruh PPK masih melakukan rekapitulasi di aula kantor kecamatan masing-masing. Beberapa PPK, bahkan baru merampungkan rekapitulasi beberapa desa saja, seperti PPK Kotapinang.
“Sampai saat ini belum ada PPK yang menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024. KPU terus melakukan monitoring ke semua wilayah,” kata Ketua KPU Kabupaten Labusel, Syaiful Bahri Dalimunthe kepada wartawan.
Meski demikian, kata dia, PPK ditekankan untuk dapat merampungkan rekapitulasi tersebut, seambatnya 26 Februari mendatang. Menurutnya, sejauh ini tidak ada kendala dalam tahapan rekapitulasi tersebut, namun tetap saja ada dinamika sepanjang prosesnya.
“Prosesnya terus berdinamika, sehingga waktunya lebih lama. Ada saksi partai yang komplen terhadap jumlah perolehan suara calegnya pada TPS tertentu, sehingga KPPS harus dihadirkan, ini membuat waktunya lebih lama. Sesuai tahapan, proses rekapitulasi di tingkat PPK hingga 3 Maret 2024. Namun kita upayakan rampung sebelum waktu tersebut,” katanya.
Disinggung terkait data Sirekap di Labusel, Syaiful mengaku, pada tahap awal sempat ada permasalahan di beberapa TPS. Namun kata dia, itu disebabkan kendala teknis, setelah diperbaiki, semuanya normal kembali. (*)


Penulis
: Rudi Afandi Simbolon
Editor
: Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com