Rekomendasi Fraksi Tak Dibacakan, Yosafati Waruwu Walk Out dari Paripurna LKPJ Bupati Nias


939 view
Rekomendasi Fraksi Tak Dibacakan, Yosafati Waruwu Walk Out dari Paripurna  LKPJ Bupati Nias
(Foto : harianSIB.com/Normalius Gori)
Yosafati Waruwu 
Nias (SIB)
Ketua Komisi l DPRD Nias yang juga Ketua Fraksi Nasdem, Yosafati Waruwu mengatakan, dirinya walk out saat paripurna pengambilan keputusan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Nias TA 2020. Hal itu diakuinya atas banyaknya pertanyaan publik soal dirinya disebut-sebut walk out.

"Rabu minggu lalu, atas nama Fraksi Nasdem saya walk out dari sidang paripurna LKPJ Bupati Nias tahun anggaran 2020, karena rekomendasi hasil pandangan umum yang disampaikan fraksi-fraksi tidak dibacakan Sekretariat DPRD," kata Yosafati Waruwu, Senin (10/5/2021).

Menurutnya, rekomendasi itu sangat penting dibacakan, karena suara rakyat. "Program kerja pemerintah selama tahun 2020, misalnya, pembangunan Kantor Bupati Nias, dikatakan telah mencapai 80 %, sementara amatan di lapangan hanya sekitar 50 %. Belum lagi ada yang gagal kontrak," jelasnya sembari menerangkan rekomendasi mereka juga banyak tentang pembangunan kantor yang tidak layak.

"Kami akan kawal terus rekomendasi yang tidak dibacakan itu, apakah sudah disampaikan kepada Bupati atau tidak, karena kami berkewajiban memastikan suara rakyat yang telah dipercayakan kepada kami," tambahnya.

Sekwan DPRD Nias, Tonazaro Halawa yang ditanyai tentang tidak dibacakannya rekomendasi fraksi tentang LKPJ justru mengelak. "Jangan tanya sama saya, tanya sama Ketua DPRD," kata Tonazaro.

Sementara Ketua DPRD, Alinuru Laoli juga tidak bersedia memberi tanggapan. "Maaf dek, saya lagi capek," kata Alinuru Laoli. (*)
Penulis
: Normalius Gori
Editor
: Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com