Rencana Besar Kemenparekraf Kembangkan KSPN Danau Toba

* Ketua DPRD Simalungun: Jangan Hanya Wacana Saja

112 view
Rencana Besar Kemenparekraf Kembangkan KSPN Danau Toba
Foto Dok
Timbul Jaya Sibarani
Parapat (SIB)
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Simalungun Timbul Jaya Sibarani menyampaikan rencana besar Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan berbagai program pengembangkan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (KSPN) Danau Toba jangan hanya wacana saja namun perlu dieksekusi dan action.

Demikian disampaikan Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani usai menghadiri undangan rapat koordinasi akselerasi pengembangan Kawasan Strategi Pariwista Nasional (KSPN) Danau Toba antara Kemenparekraf dengan para kepala daerah sekawasan Danau Toba dan beberapa stakeholder yang di hadiri Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno di Niagara Hotel Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Simalungun, Kamis (10/6) lalu.

Timbul Jaya menyampaikan, hasil rapat koordinasi akselerasi pengembangan Danau Toba antar Kemenparekraf dengan kepala daerah se-kawasan Danau Toba menghasilkan berbagai program dan rencana besar dan telah menyusun master plan untuk membangun infrastruktur sebagai konektifitas antar destinasi pariwisata antar kabupaten seputaran Danau Toba untuk menjadikan KSPN Danau Toba pariwisata bertaraf internasional.

"Rencana ini jangan hanya wacana saja, namun perlu eksekusi dan action. Pemerintah juga perlu memikirkan dan menyediakan besaran anggaran untuk membangun Danau Toba. Selain itu, pemerintah juga perlu mempertimbangkan infrastruktur sebagai jalan utama menuju Desnitasi Danau Toba khususnya di Simalungun seperti ruas jalan Pardagangan, Raya dan Tigaras yang muaranya ke Danau Toba. Akses angkutan truk juga perlu dipertimbangkan, bagaimana agar perjalanan wisatawan ke Danau Toba tidak terganggu," ujar Sibarani.

Sibarani mengatakan, dirinya mendukung berbagai program pemerintah membangun prasarana dan sarana bertaraf internasional di KSPN Danau, salah satunya membuat kendaraan berbasis elektrik ramah lingkungan di beberapa daerah se-Kawasan Danau Toba dan memperluas destinasi wisata baru di Reva Simalungun dengan luas lahan 120 hektar selain Kaldera Sebisa Kabupaten Toba.

Ditambahkannya, lokasi Reva Simalungun layak dikembangkan dan menjadi destinasi pariwisata di Danau Toba karena strategis berdekatan dengan pantai Danau Toba, view pemandangan tidak kalah dengan lokasi destinasi pariwisata Danau Toba seperti di Sibisa dan lokasi seputaran Danau Toba lainnnya.

"Kita sudah meninjau lokasi Reva bersama Bupati Simalungun dan permohonan sudah diajukan kepada Kemenparekaraf agar lokasi Reva dibangun dan dikembangkan menjadi salah satu tujuan wisata di KSPN Danau Toba. Kita mendukung lokasi Reva tersebut menjadi destinasi wiata baru dan perlu eksekusi oleh pemerintah pusat, jangan tingggal hanya wacana saja," ujar Timbul. (D9/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com