Rencana Malaysia Berpesta Sambut 1 Januari 2022


247 view
Rencana Malaysia Berpesta Sambut 1 Januari 2022
Foto Dok
Hishamuddin Mustafa
Kuala Lumpur (SIB)
Malaysia merencanakan pesta menyambut pergantian tahun ke 2022. Agendanya, mulai 1 Januari, Negeri Semenanjung akan membuka kembali perbatasan untuk turis asing.

Ketua Dewan Pemulihan Nasional Malaysia (NRC), Muhyiddin Yassin, mengatakan negerinya menutup perbatasan lebih setahun mengakibatkan kehilangan 90 miliar ringgit atau sekira Rp 298 triliun di sektor perpelancongan.

Sebelumnya, Indonesia - Malaysia sepakat melakukan travel corridor arrangement (TCA), di mana warga Indonesia yang sudah divaksinasi dibolehkan masuk ke Malaysia dan sebaliknya,WN Malaysia ke Indonesia.

Malaysia terakhir kali mengadakan pesta pergantian tahun dalam program 'Ambang 2020' yang digelar di Dataran Merdeka, Kuala Lumpur. Acara dimulai pukul 10.00 - 00.30 waktu setempat menampilkan ragam seni. Apalagi permaian multi media yang memesona.

Yang mencengangkan adalah “Pertunjukan Cahaya di Langit” dalam waktu 10 menit dengan 11 formasi istimewa. Pertunjukkan ini menggambarkan keunikan dan keistimewaan Malaysia memasuki 2020 sebagai puncak kampanye Tahun Kunjungan Malaysia 2020.

'Ambang 2020' dimulai dengan peresmian Majelis Rumah Terbuka Malaysia Natal 2019 dan Majelis Peluncuran Video Kampanye Nilai-Nilai Murni, Seni dan Budaya Datuk Mohamaddin Ketapi. Acara kemudian dilanjutkan dengan 'Extravaganza Malaysia Time Capsule' oleh Istana Budaya.

Perpaduan modern dan etnik diisi suguhan Datuk Jefrydin (Pop Yeh Yeh), Elvira Mentor (Oldies), Asmidar (Irama Malaysia), Siti Nordiana (Pop Balada) dan Han Byul (Korea).

Seterusnya, pandemi melanda dunia. Negeri Semenanjung menutup perbatasan dan pada pergantian ke 2021, tak ada acara spektakuler. “Meski pandemi Covid-19, tapi industri perpelancongan Malaysia terus berbenah,” ungkap Konsul Pelancongan Malaysia di Medan Hishamuddin Mustafa.

Setiap iven agama, dirayakan secara terbatas. Terakhir kali ketika ttnis India merayakan Deepavali 5123 Kaliyuga. Sejak Kamis (4/11) digelar hajadan meriah hingga lima hari ke depan.

Deepavali adalah hari libur umum di 15 negara bagian di Malaysia tersebut. Lebih dari dua juta orang India Malaysia merayakan kegiatan yang dinamai Festival of Lights.

Pihak-pihak terkait perpelancongan, tetap memromosikan kekayaan terkait industri wisata. Mulai seni budaya, kebiasaan masyarakat, industri ruma sakit dan lainnya. Tourism Malaysia Medan juga terus mengadakan kegiatan hiybrid. Secara virtual, rutin mengadakan webinar hingga 13 kali putaran.

Yang terakhir kali, Rindu Malaysia Webinar #13-2021 yang mengulik Destinasi Sarawak. “Malaysia senantiasa nikmat istimewa untuk dikunjungi,” simpul Hishamuddin Mustafa. (CNA /Detik.Com /wonderfulmalaysia.com / Tourism Malaysia Medan /R10/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com