Rencana Perbaikan, Jembatan Titi Besi Penghubung Galang-Dolokmasihul Ditutup Dua Minggu


3.190 view
Rencana Perbaikan, Jembatan Titi Besi Penghubung Galang-Dolokmasihul Ditutup Dua Minggu
Foto: SIB/Jekson Turnip
HATI-HATI: Pengemudi truk harus ektra hati-hati melewati jembatan titi besi  yang rusak parah dibantu warga di Serba Jadi, Sergai, Rabu (27/10/2021).
Deliserdang (harianSIB.com)

Jembatan titi besi penghubung Kecamatan Galang, Deliserdang, dengan Kecamatan Serbajadi dan Dolokmasihul (Sergai), informasinya akan ditutup dua minggu mulai hari ini, Rabu (27/10/2021). Informasi itu diperoleh setelah adanya surat dari Dinas Bina Marga Sumut.

Jurnalis Koran SIB Jekson Turnip melaporkan dari lokasi jembatan, Rabu (27/10/2021), di jembatan terlihat dipasang police line. Tanda itu diketahui sebagai dilarang melewati dengan rencana perbaikan mulai hari ini.

Namun para pekerja kontraktor belum ada di lokasi. Sehingga warga sekitar tampak bekerja sama untuk membantu para pengemudi yang akan melintas. Ada terlihat batang kelapa agar sisi jembatan sebagian bisa dilewati.

Terlihat kerusakan sangat parah di badan jembatan. Jembatan tampak berlubang sangat besar bekas truk terperosok. Para pengendara harus ektra hati-hati saling bergantian melewati dibantu warga.

Salah satu warga sekitar bernama Sukirman (40), menyebut kerusakan jembatan itu sudah berlangsung lama. Mulai Juni 2021, sudah rusak. Awalnya ada lubang kecil, namun karena ada dump truk yang terperosok membuat badan jembatan semakin lebar hingga kini.

"Nanti ada jalan alternatif. Pengemudi dari Galang masuk dari Simpang Pulau Gambar lewat jembatan Pulau Gambar hingga masuk Desa Tambak Cekur Kecamatan Serba Jadi, demikian sebaliknya," kata Soekirman.

Camat Galang, A Fitrian Syukri saat ditemui di ruangannya, membenarkan ada surat pemberitahuan dari Provinsi Sumut. Pemberitahuan untuk penutupan jalan dalam rangka perbaikan jalan.

"Iya ada pemberitahuan penutupan. Nanti pukul 14.00 WIB, kita mau pasang rambu di bebera titik agar yang mau melintas jembatan itu dialihkan dari Pulau Gambar," kata Syukri.

Diketahui, Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumut mengeluarkan surat penutupan jembatan Sei Ular (titi besi). Ditutup mulai 27 Oktober 2021 (hari ini) hingga 10 Nopember 2021. Untuk itu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Surat itu ditandatangani UPT Jalan dan Jembatan Medan, Heri Indra Siregar dengan tembusan Bupati Deliserdang, Bupati Sergai dan Wali Kota Tebingtinggi serta Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumut. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com