Resmikan KIM Investment Expo, Erick Thohir : Transformasi BUMN dan Pembangunan Infrastruktur Tekan Biaya Logistik di Indonesia


318 view
Resmikan KIM Investment Expo,  Erick Thohir : Transformasi BUMN dan Pembangunan Infrastruktur Tekan Biaya Logistik di Indonesia
(Foto SIB/Pally S)
Tinjau : Meneg BUMN Erick Thohir dan rombongan meninjau Fasilitas Pengelolaan Limbah Terpadu di Kawasan Industri Medan usai membuka KIM Investment Expo 2021  Kamis (25/11/2021).

Belawan (harianSIB.com)

Transformasi di lingkungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta pembangunan infrastruktur pada berbagai daerah di Indonesia merupakan upaya untuk menekan biaya logistik yang saat ini masih tinggi di Indonesia dibandingkan dengan negara lain.


Hal tersebut dikatakan Menteri Negara (Meneg) Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir kepada wartawan usai membuka KIM Investment Expo 2021 dan peresmian Fasilitas Pengelolaan Limbah Terpadu di Kawasan Industri Medan (KIM), Kamis (25/11/2021).


Lebih lanjut dikatakannya, setelah dilakukan konsolidasi PT Pelabuhan Indonesia 1, 2, 3 dan 4 terjadi efisiensi serta peningkatan pendapatan perusahaan.


"Kalau dibandingkan tahun 2020, kita punya pendapatan bersih Rp 13 triliun, kemarin untuk setengah tahun pertama 2021, laba bersih kita Rp 26 triliun, dan kita yakini pada akhir tahun, tutup buku terkumpul Rp 40 triliun," ujar Meneg BUMN.


Menurut Meneg BUMN, terjadinya peningkatan pendapatan tersebut merupakan hasil konkrit dari transformasi pada BUMN, untuk menekan biaya logistik yang tinggi di Indonesia, sehingga ketika negara membutuhkan tambahan pemasukan baru tidak boleh tergantung dari penerimaan pajak, BUMN dapat berkontribusi kepada negara.


Sebelumnya, Meneg BUMN juga mengatakan, untuk menekan biaya logistik yang tinggi di Indonesia, sesuai penugasan yang diberikan pemerintah pusat kepada pihaknya, meski dalam kondisi pandemi virus corona, Kementerian BUMN terus melaksanakan pembangunan infrastruktur, seperti pembangunan jalan tol di Pulau Sumatera, yang ditargetkan pada tahun 2024 bisa tembus hingga Sumatera Utara.


Pembangunan infrastruktur tersebut, menurut Meneg BUMN, bahwa pemerintah tidak hanya fokus untuk melakukan pertumbuhan ekonomi di Pulau Jawa, tetapi di Pulau Sumatera juga dilaksanakan atau terjadi investasi atau penekanan biaya logistik.

KIM Invesment Expo 2021

Penyelenggaraan KIM Invesment Expo 2021, dengan mengusung tema "Let's Invest in Medan" diselenggarakan oleh PT Kawasan Industri Medan (KIM) bersinergi dengan PT Balai Pustaka, bertujuan untuk meningkatkan/membangkitkan perekonomian nasional, khususnya Sumatera Utara.


Menurut pihak PT KIM, kegiatan tersebut diikuti oleh perusahaaan BUMN dan perusahaan-perusahaan swasta yang merupakan mitra strategis PT KIM.


Turut hadir dalam acara tersebut di antaranya Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi serta Wakilnya, Musa Rajekshah, dan Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rahman.(*)

Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com