Ribuan Pramuka Ikuti Jamda dan Kemsama di Sibolangit


362 view
Ribuan Pramuka Ikuti Jamda dan Kemsama di Sibolangit
(Foto: Dok/Diskominfo Sumut)
DIPANGKU : Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dipangku peserta Jamda dan Kemsama Majelis Pembimbing dan Kwartir Pramuka se-Sumut di Lapangan Bumi Perkemahan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sabtu (16/7). 

Deliserdang (SIB)

Di hadapan ribuan peserta Jambore Daerah (Jamda) dan Kemah Bersama (Kemsama) Majelis Pembimbing dan Kwartir Pramuka se-Sumut, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengungkapkan bahwa Pramuka lah yang membuat dirinya menjadi gubernur.

“Pramuka lah yang membuat saya jadi gubernur seperti saat ini. Oleh sebab itu anggota Pramuka haruslah terus berjuang menggapai mimpinya,” kata Gubernur Edy Rahmayadi saat menjadi Pembina Upacara Pembukaan Jamda dan Kemsama Majelis Pembimbing dan Kwartir Pramuka se-Sumut di Lapangan Bumi Perkemahan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sabtu (16/7).

Edy Rahmayadi juga mengungkapkan, dirinya pernah menjadi peserta Jambore Nasional yang pernah diadakan di Sibolangit 1977. Banyak pengalaman dan pelajaran berharga yang diperoleh dari Pramuka, termasuk tentang disiplin dan tanggung jawab.

"Tahun 1977 saya seperti kalian di depan ini begitu juga kakak kakak yang hadir ini, termasuk Pangdam I Bukit Barisan beliau juga ikut pada tahun itu dan banyak pejabat-pejabat juga di dalam Kwarda yang merupakan alumni dan lulusan Jambore ini," ungkapnya.

Pada kesempatan itu Edy Rahmayadi secara spontan menyanyikan Himne Pramuka yang diikuti sekitar 3.668 peserta Jamda dan Kemsama Majelis Pembimbing dan Kwartir Pramuka se-Sumut. Seketika Himne Pramuka pun menggema di Bumi Perkemahan Sibolangit.

Bahkan Edy Rahmayadi meminta peserta upacara untuk menyanyikannya sekali lagi. Kemudian Edy Rahmayadi mengatakan tepuk Pramuka dan dengan sigap para peserta juga melakukan tepuk Pramuka. "Terima kasih adik-adikku, anak-anakku," katanya.

Edy juga memotivasi para peserta mengenai kepramukaan. Menurutnya peran Pramuka saat ini mestilah mengisi kemerdekaan Republik Indonesia dengan kegiatan yang produktif dan positif.

"Karut marut yang kita lihat saat ini bangsa kita, para pemuda kita banyak yang terkena kasus narkoba tindakan tercela dan lainnya, maka kalian inilah penerus bangsa yang bisa mengubah itu, kami ini sudah tua, tanpa kalian bangsa ini tidak ada apa apanya," imbuhnya.

Edy meminta para peserta yang notabene masih pelajar dan pemuda untuk terus belajar dan mengasah diri. Sebab masa depan ada di pundak anak muda. "Teruslah berlatih, teruslah belajar karena bangsa ini berada di pundak kalian semua," katanya.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan surat Gubernur kepada Kwarda Pramuka Sumut tentang pinjam pakai bangunan yang terletak di Jalan AH Nasution yang nantinya akan dipergunakan Kwarda Pramuka Sumut sebagai kantor.

Untuk itu Ketua Kwarda Sumut Nurdin Lubis berterima kasih kepada Gubernur Sumut yang telah memberikan persetujuan pinjam pakai tersebut. "Akhirnya kita memiliki kantor yang representatif dan berlokasi strategis," ucap Nurdin.

Mengenai Jambore dan Kemah Bersama Majelis Pembimbing serta Kwartir se-Sumut, Nurdin menyebutkan jumlah peserta yang terkonfirmasi hadir sudah sebanyak 3.668 orang. Turut hadir Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis, Pangdam I/Bukit Barisan Achmad Daniel, Pj Sekdaprov Sumut Afifi Lubis, para bupati/wali kota dan Kepala OPD Pemprov Sumut. (rel/A13/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com