Rony Afrizal Terpilih Ketua PWI Labuhanbatu, Ketua PWI Sumut dan Bupati Dorong Penambahan Anggota


369 view
Rony Afrizal Terpilih Ketua PWI Labuhanbatu, Ketua PWI Sumut dan Bupati Dorong Penambahan Anggota
Foto SIB/Efran Simanjuntak
BERSAMA PWI : Bupati Labuhanbatu, Erik Adtrada Ritonga, Wakil Bupati Hj Ellya Rosa Siregar dan unsur pimpinan daerah, foto bersama Ketua PWI Sumut, H Farianda Putra Sinik, Sekretaris SR Hamonangan Panggabean dan jajaran pengurus PWI Sumut beserta PWI Kabupaten Labuhanbatu, seusai membuka konferensi VIII PWI Labuhanbatu, Senin (18/7), di Permata Land Hotel Rantauprapat. 

Rantauprapat (SIB)

Konferensi VIII Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Labuhanbatu berlangsung damai dan sukses, Senin (18/7), di Permata Land Hotel Rantauprapat.

Rony Afrizal, wartawan Harian Analisa terpilih secara aklamasi menjadi ketua untuk masa bakti 2021-2024.

Rony menyatakan akan bekerjasama dengan anggota untuk mengembangkan PWI di Kabupaten Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan.

Pada kesempatan itu, Ketua PWI Sumatera Utara, H Farianda Putra Sinik mengharapkan ketua terpilih melakukan kaderisasi terhadap wartawan serta menambah anggota PWI Labuhanbatu secara terbuka.

"Saat ini anggota PWI Labuhanbatu 16 orang, supaya ditambah. Wartawan masuk PWI wajib melalui UKW, sebentar lagi PWI Sumut akan merekrut dan menyeleksi calon anggota muda, anggota muda menjadi anggota biasa serta UKW di Medan," sebutnya.

Farianda menyebut anggota PWI saat ini harus kompeten. Semua calon harus sudah UKW.

Dia juga meminta anggota PWI Labuhanbatu tetap solid dan kompak, serta dapat berkordinasi dan bekerjasama dengan pemerintah untuk pembangunan yang lebih baik.

Ia juga menyampaikan PWI harus menegakkan aturan dengan 4 pedoman, yaitu Undang-Undang Pers, kode etik jurnalistik, kode perilaku wartawan dan pedoman pemberitaan ramah anak.

"Kalau kita profesional, orang senang. Makanya wartawan sebaiknya mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW)," ujarnya.

Dalam konferensi, ada 2 kandidat calon yang mendaftar, Bernahad Munthe dan Rony. Sempat terjadi ketegangan dalam hal peserta konferensi (pemilik suara).

Ketua PWI Sumut, H Farianda Putra Sinik mengapresiasi kebijakan Ketua PWI Labuhanbatu Neirul Nizam yang menyatukan 2 kandidat tersebut sehingga akhirnya aklamasi. "Kalau tidak, sampai malam tak selesai konferensi ini," sebutnya.

Dia menyarankan ketua terpilih menerima dan melaksanakan amanah dengan baik.

"Bangun organisasi ini dengan baik," sarannya kepada ketua terpilih.

Konferensi ini sebelumnya dibuka Bupati Labuhanbatu, Erik Adtrada Ritonga. Dia menyadari memang harus ada kontrol sosial agar pelaksanaan kegiatan, khususnya di pemerintahan sesuai aturan.

"Saya berharap PWI menjadi kontrol sosial bagi pemerintah, agar pemerintahan terus berbenah untuk memajukan Kabupaten Labuhanbatu," ujarnya, dalam konferensi bertema: wartawan memiliki peran penting untuk membangun daerah.

Bupati juga menyampaikan senang jika dikritik karena itu merupakan kontrol bagi pemerintah dan ia juga berharap PWI bekerjasama dengan pemerintah untuk menangkal hoax. (E5/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com