Ruben Yonatan Silalahi Dikukuhkan Jadi Ketua Bamagnas SU


250 view
Ruben Yonatan Silalahi Dikukuhkan Jadi Ketua Bamagnas SU
Foto: Yandri Laning/Bamagnas Sumut
Pengukuhan : Pdt Ruben Yonatan Silalahi MTh dikukuhkan sebagai Ketua DPW Bamagnas Sumut  di GBI Life Springs Brastagi dan Hotel Juma Eluk Kabanjahe, Kamis - Jumat (11 - 12/8). Di foto Ketua dan pengurus lain, termasuk Yandri Laning bersama Ketua Bamagnas Pdt Dr Japarlin Marbun MPd, Ketua MD GPdI SU-A Pdt Dr Samuel Ghazaly, Pimpinan Gereja Methodist Wesly Bishop B Silitonga, Ketua DPD GBI SU  serta sejumlah ketua-ketua organisasi agama serta pimpinan sinode. 

Tanah Karo (SIB)

Ruben Yonatan Silalahi MTh dikukuhkan sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Badan Musyawarah Antar Gereja-Gereja Nasional (Bamagnas) Sumut yang berlangsung di GBI Life Springs Brastagi dan Hotel Juma Eluk Kabanjahe, Kamis - Jumat (11 - 12/8). Mendampingi pendeta kharismatik dan Gembala Jemaat GBI tersebut sejumlah tokoh Kristen lintas denominasi yakni Pdt Deddy Oranta Ketaren, Pdt JD HAsan Daely STh, Pdt Otniel Samahao Laoly MTh, Pdt Samuel Pakpahan dan Dr Rismawati Nadeak. Sekretaris Pdt Dr Yasona Hulu MA MTh, Pdt Ali Marsedes Sianturi MTh, Ev Yandri Laning yang pengelola PA Gratia Children Perumnas Simalingkar Medan dan Jimmy Nainggolan SE. Bendahara Pdt M Zafanya Sihombing STh, Pdt Ester Hutagalung MAg, Pdt Damayanti Seragih dan Pdt Rosmauli Hutabarat STh.


Ketua Bamagnas Pdt Dr Japarlin Marbun MPd di sambutannya menegaskan, Bamagnas yang selama ini “mati suri” harus menunjukkan keberadaannya dalam kehidupan antargereja. “Kepengrusan sekarang, diyakini lebih enerjik dengan segala visi misinya,” ujarnya.


Pdt Ruben Yonatan Silalahi di sambutannya mengatakan, pihaknya berkenan menjadi nakhoda Bamgnas karena dukungan dari pimpinan organisasi tertinggi dan janji kerja sama para pengurus. “Tetapi, saya optimistis, yang mendasari adalah karena niat untuk memakmurkan gereja yang muaranya untuk jemaat, bangsa dan negara,” ujar gembala yang memiliki cabang gereja di dalam dan luar negeri tersebut.


Ia menceritakan proses terpanggil paca pembentukan Bamagnas pada 28 Maret 2014, bertempat di Hotel Cempaka, Jl. Cempaka Putih Raya - Jakarta Pusat. “Ketua Umum Pdt Japarlin Marbun memiliki visi misi yang sejalan dengan napas kekristenan,” tambah Pdt Ruben Silalahi.


Ia menunjuk konsiderans Undang-undang No. 17 tanggal 22 Juli Tahun 2013 Tentang Organisasi Kemasyarakatan dan SK Menkumham RI No.AHU-191.AH.01.07. Tahun 2014 Tentang Pengesahan Badan Hukum Bamag Nasional tanggal 2 Juni 2014 serta deklarasi bersama tentang Pembentukan Bamag Nasional Tanggal 28 Maret 2014. “Artinya, Bamagnas kita ini memiliki kekuatan hukum dan spiritual karena kita tetap harus memegang dan berpegang pada-Nya,” ujarnya.


Ketua Panitia Muswil Pdt Hasan Daely melaporkan, kegiatan dua hari adalah lanjutan dari ragam pertemuan dalam menghidupkan Bamagnas. Menurutnya, selain agenda pengukuhan, muswil juga sebagai ajang silaturahim yang mengakomodir berbagai denominasi gereja dan memfasilitasi berbagai pertemuan pimpinan gereja antar dan interdenominasi seluruh Indonesia.


Gembala GBI di Tanjung Balai itu berharap, dalam kaitan agenda tersebut pihaknya melakukan sejumlah pertemuan dengan eksekutif dan pimpinan TNI/Polri guna koordinasi. “Setelah pengukuhan, ada pertemuan untuk keakraban di Kabanjahe,” tutupnya. (R10/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com