Rumah Dinas Bupati Labuhanbatu Terlantar Setelah Pangonal Ditangkap KPK


347 view
Foto SIB/Efran Simanjuntak
TERLANTAR: Rumah dinas Bupati Labuhanbatu di Jalan WR Supratman Rantauprapat, terlantar setelah Bupati Pangonal Harahap ditangkap KPK, Selasa 17 Juli 2018. Pekarangan rumah dinas itu sudah ditumbuhi rumput liar dan tanaman di dalamnya tidak terawat. 
Rantauprapat (SIB)
Rumah dinas Bupati Labuhanbatu di Jalan WR Supratman Rantauprapat, terlantar setelah Bupati Pangonal Harahap ditangkap KPK, Selasa 17 Juli 2018. Sejak itu rumah dinas bupati tersebut kosong. Sempat beberapa kali pertemuan digelar di pendopo rumah dinas itu, namun setelah pertengahan tahun 2019, rumah dan pendopo tidak dimanfaatkan pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.

Rumah dinas bupati itu kemudian direhabilitasi tahun 2019 dengan biaya Rp5,3 miliar. Setelah selesai direhab, rumah itu juga tidak dimanfaatkan Pemkab.

Saat ini pekarangan rumah sudah ditumbuhi rumput dan tumbuhan liar. Tanaman buah dan bunga hias yang ada di pakarangan rumah besar itu juga tidak terawat. Rumah dan pendopo di samping kanan rumah itupun terlihat kumuh karena tumbuhan liar dan tanaman menyemak.

Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe dan keluarga sampai saat ini masih tinggal di rumah dinas wakil bupati. Sejak dilantik jadi wakil bupati 16 Februari 2016, Andi bersama isteri dan anak-anak tinggal di rumah yang berada di depan markas Kodim 0209/LB, Jalan Abdul Azis Rantauprapat. Rumah dinas Wabup itu berjarak sekitar 200 meter dari rumah dinas bupati.

Menurut informasi, rumah dinas bupati itu telah selesai direhab awal Januari 2020. Namun Kepala Bagian Umum Setdakab Labuhanbatu Armansyah Abdi Simatupang tidak dapat dikonfirmasi SIB terkait rumah dinas bupati itu. Demikian Inspektur Pemkab, Ahlan Ritonga yang dikonfirmasi apakah rumah dinas tersebut sudah selesai 100 persen direhab atau belum, seusai hasil pemeriksaan auditor Pemkab.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Rajid Yuliawan juga enggan menjawab konfirmasi SIB. Sekda M Yusuf Siagian juga tidak dapat dikonfirmasi.

PENGHARGAAN
Sementara, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu mendapat penghargaan kategori kabupaten sangat inovatif dalam Innovative Government Award (IGA) tahun 2020 dari Menteri Dalam Negeri. Penghargaan tersebut diberikan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memotivasi pemerintah daerah untuk berlomba berinovasi.

Penghargaan diberikan Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian diwakili Kepala Pusat Litbang Inovasi Daerah Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri Drs Matheos Tan kepala Pemkab Labuhanbatu, Pemprov Sumut dan beberapa daerah yang dinilai sangat inovatif dalam pelayanan publik, tata kelola pemerintahan dan pembangunan.

Demikian relis pers Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Labuhanbatu, Selasa (22/12). Dalam relis, Plt Kaban Litbang Labuhanbatu, Zuhri MSi menyebut IGA diterimanya dari Matheos Tan pada malam puncak penyerahan IGA, Jumat (18/12), di The Sultan Hotel and Residence, Jakarta.

Pemkab Labuhanbatu menerima penghargaan pada sesi 3 penganugerahan IGA 2020 bersama pemerintah Provinsi Sumatera Utara sebagai provinsi sangat inovatif. (BR6/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com