Rutan Kabanjahe Digeledah, Tidak Ditemukan Narkotika


59 view
Foto SIB/Marlinto Sihotang
GELEDAH: Petugas Rutan Kabanjahe dan BNNK Karo menggeledah kamar dan narapidana, Selasa (6/4) malam dalam razia mendadak.
Kabanjahe (SIB)
Puluhan personel Rutan bersama petugas dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karo menggeledah setiap kamar dalam Rutan Kelas II B Kabanjahe, Selasa (7/4) malam sekira pukul 20.30 WIB.

Penggeledahan secara insindentil itu dilakukan untuk keamanan dan ketertiban di dalam Rutan Kabanjahe sekaligus mengecek ada tidaknya narkotika di dalam Rutan. "Kegiatan ini juga merupakan program dari Dirjen Kemasyarakatan untuk memeriksa seluruh Lapas dan Rutan secara serentak di seluruh Indonesia," kata Kepala Rutan, Sangapta Surbakti di lokasi penggeledahan.

Karutan menyebut, pelaksanaan penggeledahan untuk memastikan bahwa tidak adanya barang barang yang dilarang dimiliki narapidana .

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan terhadap para napi dan kamar, tidak ditemukan narkotika selama penggeledahan. Namun, barang barang lain seperti handphone, mancis, paku, tali, senjata tajam dan beberapa set kartu joker dan domino ditemukan. "Ini kecolongan bagi kami," kata Sangapta.

Menyikapi itu, pihaknya akan melakukan tindakan tegas serta memperketat pengamanan di pintu penjagaan, sehingga barang barang demikian tidak dapat lagi masuk ke dalam Rutan. Lanjutnya, pihaknya setiap hari melakukan sosialiasi dan pembinaan terkait apa saja yang menjadi hak warga binaan serta kewajiban yang harus dilaksanakan atau dipatuhi selama berada di dalam Rutan.

"Untuk alat komunikasi, Rutan menyediakan Wartel umum yang akan digunakan berkomunikasi dengan keluarga terlebih situasi pandemi, karena waktu berkunjung ke Rutan dibatasi," katanya.

Usai penggeledahan, dilakukan pemusnahan terhadap seluruh barang bukti yang ditemukan petugas yang tidak sesuai dimiliki narapida.(b1/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com