SD Negeri 091350 Tigarunggu Simalungun Butuh Pembangunan Ruang Belajar

* 15 Tahun Tempat Belajar Digabung dengan Kantor Guru

637 view
SD Negeri 091350 Tigarunggu Simalungun Butuh Pembangunan Ruang Belajar
SIB/Mey Hendika Girsang
BERMAIN: Siswa SD Negeri 091350 Tigarunggu Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun bermain saat jam istirahat, Senin (12/6). Tempat belajar siswa kelas 2 di sekolah itu digabung dengan kantor guru akibat kekurangan ruang belajar.
Simalungun (SIB) -Sekolah Dasar (SD) Negeri 091350 Tigarunggu Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun butuh pembangunan ruang belajar. Pasalnya, hampir 15 tahun tempat belajar siswa kelas 2 digabung dengan kantor guru.

"Sudah lama begitu. Pembatasnya pakai lemari. Awalnya ruang belajar kelas 1 dengan kelas 2 yang digabung sekitar tahun 1991. Karena siswanya bertambah, terpaksa dipisah. Sekarang ini, ruang belajar kelas 2 yang digabung dengan kantor guru, karena ruang balajar kurang. Hal demikian sudah berlangsung sekira 15 tahun," kata seorang orangtua siswa J Purba, Senin (12/6).

Dijelaskannya, keadaan seperti itu kurang efektif dalam proses belajar mengajar. Muaranya kecerdasan siswa bisa terganggu, karena konsentrasi siswa berkurang saat belajar diakibatkan ruang yang sempit. Selain itu juga, ruang perpustakaan tidak ada di sekolah tersebut.

Selain kelas 2, tempat belajar kelas 4 juga pernah digabung dengan kantor guru. Intinya, siswa kelas yang paling sedikit, itulah yang digabung dengan kantor guru menggunakan pembatas lemari.

Saat SIB berkunjung ke sekolah tersebut baru-baru ini, keadaan tersebut dibenarkan para guru. "Iya, memang digabung dengan kantor guru. Sekitar 15 tahunlah begitu. Perpustakaannya pun tidak ada. Karena kelas 6 sudah selesai ujian, maka kelas 2 ditempatkan ke ruang kelas 6. Sebelumnya, di kantor guru digabung," kata guru sekolah itu yang tidak menyebut identitasnya.

Anggota DPRD Simalungun komisi IV Resnauli Saragih SPd sangat prihatin melihat keadaan itu dan pihaknya sudah meninjau sekolah tersebut. "Sudah pernah kita tinjau. Memang keadaanya seperti itu," katanya. (D06/h)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com