SD Swasta Sint Yoseph Kabanjahe Juara Umum POSI Sains Olimpiade


383 view
SD Swasta Sint Yoseph Kabanjahe Juara Umum POSI Sains Olimpiade
Foto SIB/Marlinto Sihotang
Siswa/i SD Swasta Sint Yoseph yang berhasil meraih juara pada POSI Science Olimpiyade dan dinobatkan sebagai juara umum, foto bersama guru pembimbing di halaman sekolah, Senin (9/10).
Kabanjahe (SIB)
SD Swasta Sint Yoseph Kabanjahe dinobatkan sebagai juara umum dari seluruh kategori se Kabupaten Karo di olimpide sains yang diselenggarakan Pusat Olimpiade Sains Indonesia (POSI) di Kabupaten Karo.
Hal ini dikatakan Kepala SD Swasta Sint Yoseph Kabanjahe Suster Isabela Br Ginting SPd SFD, Senin (9/10) di kantornya didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Andreas Singarimbun SPd.
Menurutnya, olimpiade sains yang digelar POSI ini dilaksanakan di gedung SMK N1 Merdeka, Desa Jaranguda Kabupaten Karo beberapa waktu lalu untuk seluruh tingkatan yakni SD, SLTP dan SMA sederajat. "Untuk tingkat SD sederajat, kita berhasil meraih juara umum," kata suster.
POSI sains olimpiyade ini, katanya, diselenggarakan untuk memfasilitasi siswa/i berprestasi dan menjadi sarana evaluasi kemampuan untuk mengembangkan kapasitas diri dan kompetensi secara mendalam. "Sekaligus bertujuan sebagai persiapan OSN Kabupaten pada waktu mendatang," sebutnya.
Dijelaskan, pihak SD Swasta Sint Yoseph mengutus 29 siswa/i terbaik yang terbagi dalam 3 kategori. "Kategori Matematika sebanyak 10 orang, kategori IPA sebanyak 10 orang serta kategori Bahasa Inggris sebanyak 9 orang," ujarnya.
Dari jumlah siswa yang diutus, sebanyak 17 siswa berhasil meraih medali emas, perak maupun perunggu.
Untuk kategori Matematika siswa yang meraih medali yakni Gabriella Vanya Barus (medali emas), Albern Arsenio Govann (medali emas), Jaziel Felix Arlando Sirait (medali perunggu), Enzho Rafhael Silalahi (medali perunggu) dan Rizal Agust Roy Tarigan (medali perunggu).
Kemudian untuk kategori IPA, siswa yang berhasil meraih medali yakni Gycheelin Charine Br Ginting (medali emas), Eris Branata Tarigan (medali perak), Aurelua Isabel Br Manik (medali perunggu), Lodi Ivander Sembiring (medali perunggu), Alicia Mocari (medali perunggu) dan Sebastian Ginting (medali perunggu).
Sementara untuk kategori Bahasa Inggris, siswa yang meraih medali yakni Rafaido Lyonell Sinurat (medali emas), Kanaya Gisella Ginting (medali emas), Kyrei Elleis Silitonga (medali perak), Selvia Wyona Nalsalita (medali perunggu), Gabrielle Neguita Br Brahmana (medali perunggu) serta Githa Alicia Perbina Br Ginting (medali perunggu). "Kami bangga SD Swasta Sint Yoseph Kabanjahe berhasil menjadi juara umum untuk jenjang SD/MI," katanya.
Dia berharap siswa/i yang sudah meraih medali emas, perak dan perunggu dalam kompetisi ini supaya terus meningkatkan kemampuan dan semakin bersemangat dalam menorehkan prestasinya terutama sebagai persiapan untuk mengikuti kompetisi selanjutnya terlebih OSN tingkat Kabupaten Karo dalam waktu dekat. "Kami bercita cita serta berharap target bisa mewakili Kabupaten Karo ke tingkat provinsi dan tingkat nasional," tegasnya.
"Untuk guru pendamping tetap semangat dalam menggali setiap potensi yang dimiliki setiap siswa/i di SD Swasta Sint Yoseph Kabanjahe. Tanamkan karakter semangat, fraternitas dan Dina," harapnya.(**)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com