PTPN II Masih Upaya PK dan Jalur Hukum Lainnya

SPP akan Turunkan 10.000 Anggota Pertahankan Lahan HGU PTPN II Penara Kebun


266 view
SPP akan Turunkan 10.000 Anggota Pertahankan Lahan HGU PTPN II Penara Kebun
Foto: SIB/Lisbon Situmorang
SIKAP : Ketua Umum SPP PTPN II, Mahdian Triwahyudi (4 dari kanan) bersama pengurus Pusat SPP PTPN II, menyampaikan pernyataan sikap SPP PTPN II untuk mempertahankan lahan Penara Kebun, Jumat (10/6) di Tanjungmorawa. 


Disebutkan, Kejaksaan Tinggi Sumut saat ini juga sedang melakukan penyelidikan terkait dugaan tindak pidana korupsi atas permasalahan lahan Afdeling III Penara Kebun Tanjung Garbus milik PTPN II.


"Afdeling III Penara diperoleh Negara Republik Indonesia dari Nasionalisasi Perusahaan Belanda berdasarkan Undang-Undang Nomor 86 Tahun 1958 jo Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 1959. Dengan demikian tidak mungkin lahan Afdeling III Penara merupakan milik masyarakat,” jelas Kasubbag Humas.


TOLAK EKS TANAMAN TEMBAKAU

Sementara itu, tokoh masyarakat Batangkuis, Datuk OK Nazar mengatakan kebun Penara dari awal adalah tanaman kebun karet dan tidak pernah ada tanaman tembakau. Lahan itu adalah areal murni kebun karet PTPN II dan bukan eks PTPN IX.

Tokoh Melayu Batangkuis itu menjelaskan, kebun tembakau PTP IX di era kolonial hanya sampai batas Sungai Belumai yaitu areal yang sekarang dikenal sebagai Desa Dalu X, Sena dan Bangun Sari. Begitu juga di bagian Ramunia arah Lubukpakam, namun lahan Penara tidak pernah ada tanaman tembakau.


“Saya paham betul situasi dan sejarah daerah perkebunan mulai Tanjungmorawa, Batangkuis sampai Lubukpakam, karena di daerah inilah saya tumbuh dan bergaul” jelas Datuk OK Nazar. (C1/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com