Minggu, 21 Juli 2024

SPS Sumut Gelar Kampanye Baca Koran Milenial di Tebingtinggi

* Pj Wali Kota: Koran Salah Satu Alat Perjuangan Merebut Kemerdekaan
Redaksi - Minggu, 25 September 2022 17:11 WIB
275 view
SPS Sumut Gelar Kampanye Baca Koran Milenial di Tebingtinggi
(Foto: SIB/JAB)
TERIMA : Pj Wali Kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi, Kadis Pendidikan Tebingtinggi, Idam Khalid saat menerima piagam penghargaan yang diserahkan Sekretaris SPS Sumut, Rianto Ahgly, Sabtu (24/9) saat acara kampanye membaca koran di hala
Tebingtinggi (SIB)
Pj Wali Kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi mengatakan koran atau surat kabar dijadikan salah satu alat perjuangan dalam merebut kemerdekaan.

"Semasa perjuangan dulu, para perintis kemerdekaan menggalang rasa kesatuan dan persatuan NKRI melalui media cetak (koran)," kata Muhammad Dimiyathi di hadapan ratusan pelajar tingkat SMP, Sabtu (24/9) di halaman SMP Negeri 1 Tebingtinggi saat mengikuti Gerakan Kampanye Baca Koran Milenial yang diselenggarakan Serikat Perusahaan Pers (SPS) Cabang Sumatera Utara (Sumut) yang dihadiri Sekretaris SPS Sumut Rianto Ahgly (Anto Genk) bersama para Pemred media cetak dan Pengurus SPS Sumut serta Kadis Pendidikan Tebingtinggi, Idam Khalid.

Kampanye Gemar Baca Koran Milenial tersebut diikuti 10 media cetak yakni Harian Sinar Indonesia Baru (SIB), Waspada, Analisa, Sumut Pos, Sumut24, Medan Pos, Berita Sore, Metro24, Harian Orbit serta Realitas.

Diakui Pj Wali Kota, seiring perkembangan media elektronik dan media sosial, surat kabar sudah mulai berkurang pembacanya. Tapi perlu diakui bahwa dari surat kabar banyak ilmu dan pengetahuan.

"Dengan rajin membaca koran, wawasan anak akan bertambah. Pihak SPS mencoba kembali membudayakan baca koran, sepatutnya didukung," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris SPS Sumut Rianto Ahgly mengatakan, pihaknya sudah roadshow untuk menggairahkan pelajar tingkat SMP - SMA di Sumut bekerjasama dengan pemerintah.

"Kampanye membaca koran sudah digelar di Serdangbedagai, Langkat, dan di kantor Gubernur Sumut yang diikuti puluhan ribu siswa baik langsung maupun melalui zoom meeting," ungkapnya.

Dijelaskan Anto Genk, SPS melalui kampanye membaca koran membangkitkan gairah anak-anak untuk membaca.

Dengan banyaknya media Cyber (online), tidak mengurangi keunggulan dari media cetak karena punya ciri khas seperti berita tanpa hoaks, berkompeten.

"Kualitas di media cetak bisa memberikan sumber informasi akurat baik konteks pendidikan dan pembangunan. Media cetak bagian dari pilar ke 4 dalam mensukseskan kemerdekaan pada perjuangan dan ikut mencerdaskan bangsa dan memberikan informasi positif baik mensukseskan pelaksanaan pembangunan pemerintah khusus di Pemko Tebingtinggi," paparnya.

Anto Genk Berharap, Pemko melakui Dinas Pendidikan membuat ekstra kurikuler khusus membaca koran. (BR3/f)




Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Polres Tebingtinggi Imbau Masyarakat Tertib Berlalulintas
Motivasi Ratusan PPPK Pemprov Sumut, Moettaqien: Miliki "Esprits De Corps"
Jalinsum Simpang Rambung Tebingtinggi Kembali Rusak
Kabel Jatuh ke Badan Jalan Bikin Penggendara Resah
Pemko Tebingtinggi Gelar Rakor Evaluasi Kebijakan
Pemko Tebingtinggi Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Secara Virtual
komentar
beritaTerbaru