Saat Hujan, SDN 0606936 Medan Kebanjiran Setinggi Lutut


231 view
Saat Hujan, SDN 0606936 Medan Kebanjiran Setinggi Lutut
(Foto: Dok/dokumentasi sekolah)
KURAS AIR: Para guru dan murid SDN 0606936 Simpang Gudang Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor, menguras air akibat banjir beberapa waktu lalu. 

Medan (harianSIB.com)

Heran, ternyata masih ada sekolah di Medan, kalau hujan kebanjiran hingga selutut orang dewasa. Buktinya, SDN 0606936 yang berada di Simpang Gudang Kwala Bekala Kecamatan Medan Johor, setiap hujan deras, dipastikan 2 lokal sekolah itu terendam air setinggi lutut orang dewasa.


“Kondisi itu sudah berlangsung lama dan sudah dilaporkan ke Dinas Pendidikan, namun hingga kini belum juga ada perbaikan dan rehab,” ujar Kepala SDN 0606936 Pedoman Sembiring melalui guru kelas, Fitri Br Sembiring kepada jurnalis Koran SIB Desra Gurusinga, Senin (20/12/2021), saat ditemui di lokasi sekolah.


Disebutkannya, saat ini SD tempatnya mengabdi berada satu lokasi dengan 3 SDN lainnya. Ketiga sekolah itu sudah mendapatkan bantuan rehab dan pembangunan. SDN 0606936 yang berjumlah 5 kelas dam 100-an murid itu, hingga kini belum ada mendapatkan bantuan. Padahal sudah beberapa kali diusulkan perbaikan, namun masih belum terealisasi.


Khusus 2 kelas yang kebanjiran, kalau malamnya hujan, dipastikan para guru harus menguras air setinggi lutut. Akibatnya, para murid terganggu belajar. Karena cuma 5 lokal, kelas 2 terpaksa masuk siang karena tidak ada lokal yang menampung mereka melaksanakan proses belajar mengajar.


Di masa pandemi Covid-19 dan PPKM ini, para murid dibagi 2 gelombang dan seluruhnya masuk setiap hari. Dengan tenaga guru 12 orang, murid diberi pelajaran setiap hari selama 2 jam. Pendalamannya, para murid dibeban pekerjaan rumah (PR) karena hanya 2 jam waktu efektif belajar di sekolah.


Diharapkannya, Pemko Medan bisa lebih memperhatikan kondisi sekolah yang sampai saat ini masih terus dilanda banjir kalau hujan deras. Kenyamanan belajar mengajar sangat diperlukan untuk mencerdaskan anak bangsa. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com