Saat Memadamkan Api, Duapuluhan Warga dan Petugas Damkar Luka Bakar


183 view
Foto SIB/Pally S
Olah TKP : Sejumlah petugas Labfor dari Poldasu melakukan olah TKP untuk mengungkap penyebab terjadinya kebakaran satu rumah yang mengakibatkan banyak warga dan tiga petugas pemadam kebakaran Pemko Medan mengalami luka bakar, Rabu (12/5/2021.
Belawan (HarianSIB.com)
Satu rumah berlantai dua berlokasi di Jalan KL Yos Sudarso, kawasan KM 16, Kelurahan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan yang dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan berbagai jenis barang, milik keluarga Rufrida (59), Rabu (12/5/2021) terbakar.
Dalam kejadian tersebut hingga pukul 13.00 WIB belum ada dikabarkan adanya korban jiwa manusia, namun puluhan warga yang berupaya memadamkan kobaran api, mengalami luka bakar.
Selain itu, tiga petugas pemadam kebakaran (Damkar) Pemko Medan juga mengalami luka bakar, dan satu unit sepeda motor pemilik rumah juga hangus terbakar.
"Tiga petugas kita juga mengalami luka bakar pada bagian tangan dan kepala, setelah menjalani perawatan kondisi mereka sudah mulai membaik," ujar Kadis Pencegahan Kebakaran Pemko Medan, Albon Sidauruk yang ditanyai wartawan di lokasi kejadian.
Keterangan lain yang dihimpun wartawan dari sejumlah warga menyebutkan, jumlah warga yang cukup banyak mengalami luka bakar atau sebanyak 23 di antaranya 3 petugas pemadam kebakaran tersebut berawal ketika mereka berupaya melakukan pemadaman agar tidak meluas ke bangunan di sebelahnya yang dihuni oleh Rufrida.
Ketika upaya pemadaman sedang berlangsung, tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya terjadi ledakan diikuti dengan terpentalnya pintu besi rumah.
Akibatnya puluhan warga mengalami luka bakar, diduga hal itu terjadi ketika terjadi ledakan juga diikuti dengan berhamburannya benda cair gampang terbakar yang terdapat di dalam rumah tempat penyimpanan berbagai jenis barang tersebut.
Para korban, di antaranya disebut-sebut mengalami luka bakar cukup serius, kini menjalani perawatan pada salah satu rumah sakit swasta di kawasan Simpang Martubung, Medan Labuhan.
Pemilik rumah, Rufrida kepada wartawan mengatakan, ia bersama anggota keluarga yang menempati rumah yang berdempetan dengan bangunan yang terbakar, tidak mengetahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran tersebut, apakah akibat korseleting listrik, atau adanya penyebab lain.
Ia juga mengatakan, di dalam rumah yang terbakar itu terdapat benda cair yang gampang terbakar, sebab Rufida merupakan penjual BBM eceran, tetapi jumlahnya tidak banyak.
Sejumlah petugas dari laboratorium forensik (Labfor) Poldasu sudah turun ke lokasi kejadian untuk melakukan olah tempat kejadin perkara (TKP), untuk mengetahui penyabab terjadinya peristiwa itu yang mengakibatkan banyak warga serta 3 petugas pemadam kebakaran Pemko Medan mengalami luka bakar.(*)

Penulis
: Pally S
Editor
: Robert/Eva R Pelawi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com