Ketua DPP LPPAS RI

Saatnya Wali Kota Medan Lakukan Penyegaran Pimpinan OPD


195 view
(Antara)
Wali Kota Medan Bobby Nasution menandatangani perjanjian kinerja kepala OPD dan camat lingkungan Pemkot Medan di kantor Wali Kota Medan, Selasa (23/3). 
Medan (SIB) -Ketua DPP LSM Lembaga Pemantau Pembangunan dan Asset Republik Indonesia (LPPAS RI) Jauli Manalu SH mengapresiasi kinerja Wali Kota Medan Bobby Nasution yang langsung mencopot Lurah Sidorame Timur, Hermanto dari jabatannya karena diduga pungli.

Lurah beserta Kasi Pembangunan Dina Simanjuntak dicopot karena diduga melakukan pungutan liar (pungli) kepada warga yang mengurus administrasi.

Detik-detik pemecatan lurah Hermanto dilakukan setelah Bobby mendatangi kantor kelurahan untuk mengklarifikasi langsung laporan masyarakat.

"Kita bangga dengan Wali Kota Medan Bobby Nasution yang sudah mulai turun ke lapangan yang tanpa ada pemberitahuan meninjau langsung kinerja para Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajarannya," ujar Jauli Manalu kepada SIB, Minggu (25/4).

Diketahui Wali Kota Medan juga mengawali masa tugasnya langsung melakukan inspeksi mendadak ke Kantor Dinas Pekerjaan Umum Medan di Jalan Pinang Baris. Selain melihat kinerja pegawai juga melihat jumlah alat-alat berat dan perlengkapan yang dimiliki untuk mengatasi persoalan infrastruktur.

Hasilnya Bobby menilai selama ini alat-alat berat tidak digunakan maksimal, padahal peralatan sudah termasuk canggih dan lengkap dibanding milik Dinas PU lain yang ada di Indonesia.

Diketahui Bobby sudah mencanangkan perbaikan infrastruktur jalan dan mengatasi banjir menjadi perhatian seriusnya. Hal ini disampaikannya berulang kali saat blusukan dan meninjau beberapa kali daerah yang ada di Kota Medan yang masih banjir.

Menurut Jauli sudah sepatutnya Wali Kota Medan untuk meminergikan kinerjanya, melakukan penyegaran dengan pergantian pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), khususnya bagi pejabat yang sudah lama menjabat di OPD Pemko Medan.

Bahkan menurut Jauli, ada beberapa instansi di OPD, Puskesmas, Camat yang itu-itu saja pejabatnya sampai puluhan tahun kalaupun ada pergantian hanya mutasi tempat saja.

"Contohnya Kadis Kesehatan Kota Medan yang sudah di Plt, Sekretaris yang sudah 8 tahun menjabat sudah sepantasnya diganti, tetapi hingga saat ini masih tetap menjabat," ujar Jauli Manalu yang juga penggiat anti korupsi itu.

Dia berharap Bobby Nasution agar dapat mengganti seluruh pimpinan OPD Kota Medan sehingga apa yang menjadi visi misi Bobby-Aulia saat kampanye dapat tercapai. (A13/c)



Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com