Saluran Irigasi Induk Nagori Dolok Parriasan Simalungun Jebol

* 75 Hektare Persawahan Terancam Gagal Panen

145 view
Saluran Irigasi Induk Nagori Dolok Parriasan Simalungun Jebol
(Foto: Dok/Warga Marga Manurung)
JEBOL : Saluran irigasi induk Nagori Dolok Parriasan Kecamatan Jorlanghataran jebol, butuh perbaikan, Selasa (23/11). 
Tiga Balata (SIB)
Saluran irigasi induk Nagori (Desa) Dolok Parriasan Kecamatan Jorlanghataran Simalungun jebol, akibat tekanan air yang meluap pada Jumat (12/11) malam lalu, mengakibatkan kurang lebih 75 hektare lahan persawahan terancam gagal olah dan panen.

"Kurang lebih 10 meter saluran irigasi induk tepat di lokasi pintu pembuangan air jebol akibat luapan air, hingga 75 hektare persawahan di berapa hamparan sawah terancam gagal olah dan sebagian terancam gagal panen, akibat pasokan air terputus karena saluran sudah jebol," ujar warga setempat Marga Manurung dan Sibarani, Selasa (23/11).

Sibarani mengatakan, saluran irigasi Dolok Parriasan merupakan saluran utama mengairi puluhan hektar petak sawah di beberapa hamparan persawahan yang saat ini tahap pengolahan, sedang menjalankan pola tanam dan sebagian lagi tahap perawatan tanaman menunggu panen.

"Kita berharap Pemerintah Kabupaten Simalungun segera memperbaiki saluran, agar proses pengolahan lahan dan pola tertip tanam tidak terancam gagal, khususnya tanaman padi yang saat ini sedang membutuhkan pasokan air menunggu dapat dipanen," ujar Manurung dan Sibarani.

Sementara Kepala Unit Pelaksanaan Teknis Terpadu Daerah (UPTD) Pengolahan Sumber Daya Air (PSDA) Kecamatan Jorlanghataran M Saragi menyampaikan, pihaknya telah meninjau lokasi longsor dan telah melaporkan kejadian ke Dinas PSDA Kabupaten Simalungun.

"Kita telah turun meninjau lokasi longsor bersama Dinas PSDA Kabupaten Simalungun beserta konsultan untuk melakukan pengukuran di seluruh kerusakan yang ada untuk perbaikan tahun depan," ungkap Saragi. (D9/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com