Satgas PMK Nasional Apresiasi Sumut Berhasil Tekan PMK Hingga Zero Kasus


173 view
Satgas PMK Nasional Apresiasi Sumut Berhasil Tekan PMK Hingga Zero Kasus
Foto: Dok/Diskominfo Sumut
RAPAT: Pj Sekdaprov Sumut Afifi Lubis memimpin rapat monitoring, evaluasi serta pelaksanaan rapat kordinasi Satgas PMK Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumut di Ruang Rapat I, Lantai 2 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Medan, Rabu (27/7). 

Medan (SIB)

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) atau dikenal sebagai Foot and Mouth Disease (FMD) yang menyerang hewan ternak di Sumut sudah terkendali dan tidak ada kasus baru yang ditemukan. Dari 1.273 kasus pada Juni lalu berhasil ditekan hingga zero kasus pada saat ini.


Hal itu mendapat apresiasi dari Satuan Tugas (Sagtgas) PMK Nasional pada Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan PMK di Provinsi Sumut di Ruang Rapat Lantai 2, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Medan, Rabu (27/7). Hadir Pj Sekdaprov Sumut Afifi Lubis, Deputi Penanganan Darurat BNPB yang juga Satgas PMK Nasional Mayjen TNI Fajar Setyawan, Direktorat Peternakan dan Forkopimda, serta Satgas PMK kabupaten/kota.


"Penanganan PMK di Sumut sangat kami apresiasi di mana sampai saat ini terus mengalami penurun sampai zero kasus.


Kita memang harus bekerja keras, karena saat ini kita masih menangani Covid-19 tetapi juga menghadapi PMK diduga virus PMK ini dari peternakan Brazil," kata Mayjen TNI Fajar Setyawan.


Menurut Fajar, penanganan PMK memang harus cepat, jika tidak akan berdampak ke berbagai sektor, antara lain perekonomian, pariwisata dan lainnya. Bahkan negara lain juga berpotensi melarang warganya masuk ke negeri ini bila PMK tersebut tidak terkendali.


Fajar juga memuji strategi PMK yang dilaksanakan Satgas PMK Sumut yang sudah sesuai dengan instruksi BNPB dalam menanggulangi penyebaran penyakit yang menyerang ternak tersebut. “Strategi yang dilakukan sangat baik dan sudah sesuai dengan instruksi BNPB kami sangat apresiasi,” ungkapnya.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com