Satgas PMK Nasional Apresiasi Sumut Berhasil Tekan PMK Hingga Zero Kasus


188 view
Satgas PMK Nasional Apresiasi Sumut Berhasil Tekan PMK Hingga Zero Kasus
Foto: Dok/Diskominfo Sumut
RAPAT: Pj Sekdaprov Sumut Afifi Lubis memimpin rapat monitoring, evaluasi serta pelaksanaan rapat kordinasi Satgas PMK Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumut di Ruang Rapat I, Lantai 2 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Medan, Rabu (27/7). 


Sebelumnya Pj Sekdaprov Sumut Afifi Lubis memaparkan.Satgas PMK Sumut sudah melakukan berbagai langkah dan strategi untuk penanganan PMK di daerah ini, antara lain.melakukan pengawasan lalu lintas ternak antar wilayah dengan pengawasan ketat pada tujuh pos chek point di daerah perbatasan Provinsi. Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran BNPB Nomor 4 tahun 2022 tentang Pengendalian Lalu Lintas Hewan Rentan PMK dan Produk Hewan Rentan PMK Berbasis Zonasi.


"Kami juga melakukan pembatasan pergerakan ternak dari satu tempat dalam kabupaten/kota dengan memberlakukan SKKH yang ditandatangani oleh dokter hewan berwenang dan terintegrasi ke sistem i-SIKHNAS (Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional-red)," katanya.


Satgas PMK Sumut juga membentuk Satgas PMK di kabupaten/kota. Melakukan pemeriksaan secara ketat kesehatan hewan di pasar hewan dan rumah potong hewan (RPH) menyelenggarakan posko penanganan, melaksanakan rapat koordinasi penanggulangan dan pengendalian lintas sektoral, instansi terkait lainnya dan distributor obat setiap minggu.


“Juga pencanangan gerakan vaksinasi massal di seluruh kabupaten/kota, melaksanakan pelatihan vaksinasi yang sudah terlaksana 62 persen serta melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang PMK di kabupaten/kota,” jelasnya. (A13/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com