Kamis, 13 Juni 2024 WIB

Satgas Pangan Tebingtinggi Gelar Tanam Cepat Panen, Pj Wali Kota : Perlu Kolaborasi Tekan Inflasi

Redaksi - Sabtu, 25 Februari 2023 17:40 WIB
252 view
Satgas Pangan Tebingtinggi Gelar Tanam Cepat Panen, Pj Wali Kota : Perlu Kolaborasi Tekan Inflasi
Foto doc / Dinas Kominfo
Pj Wali Kota Muhammad Dimiyathi S.Sos M.TP didampingi Ketua TP PKK Ny. Harliaminda Dimiyathi, Kadis Ketapang dan Pertanian Marimbun Marpaung SP M.Si, Kadis P3APM Dra Sri Wahyuni menyerahkan bantuan bibit tanaman ke perwakilan Poktan, Jum
Tebingtinggi (SIB)
Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kota Tebingtinggi menggelar gerakan Tanam Tanaman Cepat Panen dan Peningkatan Produksi melalui pembuatan Elisitor Biosaka, Jumat (24/2) di areal Poktan Barokah Jaya dan Poktan Al Amin Tangguh, Jalan Abadi Kelurahan Deblod Sundoro, Kecamatan Padang Hilir.

Kegiatan tersebut bertema, "Kendalikan Inflasi dan Cegah Stunting Dengan Gerakan Tanam Tanaman Cepat Panen dan Tingkatkan Produksi Melalui Pembuatan Elisitor Biosaka." Turut hadir Ketua TP PKK Ny. Harliaminda Dimiyathi, Kapolres AKBP. Muhammad Kunto Wibisono, Danramil 13/TT Kapt Inf Yudi Chandra dan Kasubbag Pembinaan Kajari Eka Purba, Kadis P3APM Dra. Sri Wahyuni, Kepala Bappeda Erwin Suheri Damanik, Plt. Camat Padang Hilir Ramadhan Barqah Pulungan, S.IP., M.Si., Kabag Perekonomian Ir Nasrullah dan Lurah se-Kec. Padang Hilir.

Pj Wali Kota Muhammad Dimiyathi S.Sos M.TP mengatakan kegiatan ini merupakan pencanangan penanaman tanaman cepat panen untuk tahun 2023, sebagaimana diintruksikan Presiden untuk pengendalian inflasi daerah.

"Pemko Tebingtinggi harus berkolaborasi dengan berbagai elemen, tidak bisa berdiri sendiri dalam menekan inflasi," ucap Pj Wali Kota.

Lanjut Pj Wali Kota, menjelang bulan suci Ramadan dan Idul Fitri, stok pangan masih mencukupi. Masyarakat diharapkan jangan panik, karena tim terus bekerja melakukan pemantauan terhadap ketersediaan kebutuhan di pasar.

Sementara itu, Kadis Ketapang dan Pertanian, Marimbun Marpaung SP M.Si. menyampaikan bahwa Dinas Ketapang dan Pertanian merupakan bagian tim dari Satuan Tugas Pangan dan Tim Pengendali Inflasi Daerah sehingga mempunyai tanggung jawab dalam program pencegahan stunting dan juga mendukung kota layak anak di Kota Tebingtinggi. [br]


"Sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri dan Presiden RI Bapak Joko Widodo, bahwa kita boleh mengolah lahan sempit tapi kita harus memberdayakan masyarakat sehingga dapat menekan ongkos produksi," ucapnya.

Ditambahkannya, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian terus berupaya melakukan peningkatan produksi pertanian dengan melakukan mengedukasi berupa eco enzim dan juga elisitor biosaka yang mempergunakan kearifan lokal dan pastinya murah dan mudah.

"Inflasi akan tertekan sendiri bila kita melaksanakan pengolahan pertanian secara berkesinambungan," kata Marimbun.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan pemberian bantuan berupa pupuk, bibit tanam serta budidaya ikan dalam ember (Budikdamber), serta pemberian bantuan peningkatan gizi kepada 5 anak yang terdata stunting, serta sosialisasi pembuatan elisitor Biosaka kepada para kelompok tani, masyarakat, dan unsur kecamatan dan juragan untuk diteruskan secara berkelanjutan. (BR3/a)







Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pj Bupati Deliserdang Monitoring Pasar MMTC, Cabai dan Bawang Merah Sumbang Inflasi
Inflasi Terjaga, Mendagri: Posisi Indonesia Bagus di Tingkat Global
Pj Wali Kota Moettaqien: Inflasi di Tebingtinggi Masih Terjaga Dengan Baik
Pj Sekjen Kemendagri Minta Kepala Daerah Turun Pantau Harga Pasar
Pj Gubernur Sumut Rakor Bersama Kementerian Bahas Pengendalian Inflasi Daerah
Mei 2024 Inflasi di Sumut 4,26 %, Tertinggi di Karo 5,37%
komentar
beritaTerbaru