Satpol PP Asahan Himbau Pemilik Gedung Bangunan Melengkapi Proteksi Kebakaran


150 view
Satpol PP Asahan Himbau Pemilik Gedung Bangunan Melengkapi Proteksi Kebakaran
(Foto: Liansah/Okezone)
Kantor Satpol PP Asahan 
Kisaran (SIB)
Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Asahan melalui bidang pemadam kebakaran (Damkar) mengimbau seluruh pemilik gedung bangunan yang ada di Kota Kisaran, melengkapi kelengkapan proteksi kebakaran.

Hal itu dikatakan Kasat Pol PP Sofyan Manullang SSos didampingi Kasi Penyuluhan dan Pencegahan Kebakaran James Bond Samosir kepada SIB, Rabu (29/9) siang, di ruang kerjanya.

Dikatakannya, hal itu sesuai surat edaran Bupati Asahan yang berpedoman kepada UU no 28 tahun 2002 tentang bangunan gedung dan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum nomor 10/KPTS/2000 tentang ketentuan teknis pengamanan terhadap bahaya kebakaran pada bangunan gedung dan lingkungan serta keputusan Menteri Pekerjaan Umum nomor 11/KPTS/2000 tentang ketentuan teknis manajemen penanggulangan kebakaran diperkotaan.

Disebutkannya, imbauan itu berupa peningkatan kepedulian dan partisipasi untuk berperan serta dalam pencegahan bencana kebakaran dan penanggulangan pada kesempatan pertama (tahap dini). Selain itu, setiap bangunan gedung dilengkapi sarana alat proteksi kebakaran yang memadai, minimal tabung pemadam atau alat pemadam api ringan (APAR).

"Sehubungan dengan tingginya kejadian kebakaran di Asahan dimana di setiap lokasi kejadian tidak tersedianya alat pemadam api ringan (APAR). Padahal, alat sederhana ini sangat membantu penanggulangan awal ketika terjadi kebakaran," sebutnya.

Disebutkannya lagi, pihak Damkar Asahan telah melakukan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan awal kebakaran kepada masyarakat disetiap kecamatan se Kabupaten Asahan. Namun, sebutnya, untuk memastikan ketersediaan alat proteksi kebakaran itu, pihak Damkar melakukan kegiatan inspeksi sarana prasarana alat proteksi kebakaran dengan pendataan.

"Saat ini masih melakukan pendataan terlebih dulu. Hal itu untuk mengecek kesiapan masyarakat dalam pencegahan kebakaran. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menurunkan tingginya resiko akibat bencana, khususnya di Kabupaten Asahan," ujarnya. (E14/d)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com