Sebut Anggota DPRD Tidak Pro Pembangunan Jika Tidak Hadiri “Bunga Desa”, Bupati Vandiko Dikecam Politisi PDIP

* Pilipus Pandiangan: Anggota DPRD Bukan Bawahan Bupati

314 view
Sebut Anggota DPRD Tidak Pro Pembangunan Jika Tidak Hadiri “Bunga Desa”, Bupati Vandiko Dikecam Politisi PDIP
Foto: Ist/harianSIB.com
Anggota DPRD Samosir, Pilipus Pandiangan
Samosir (SIB)
Anggota DPRD Samosir Pilipus Pandiangan dari Fraksi PDI Perjuangan mengecam ucapan Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom, yang menyebut anggota dewan yang tidak menghadiri kegiatan Pemkab Samosir, yaitu “Bunga Desa” seolah-olah tidak mendukung atau tidak pro pembangunan.
Menurutnya, ucapan bupati tersebut menunjukkan ketidakpahamannya tentang tugas dan fungsi DPRD. Ucapan itu juga menimbulkan kesan seolah-olah bupati adalah penguasa yang berada di atas lembaga legislatif.
Pilipus Pandiangan mengatakan hal itu kepada SIB di sela rapat paripurna DPRD Samosir yang membahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pajak dan Retribusi, Selasa (7/11).
Pernyataan kerasnya itu disampaikan Pilipus menanggapi beredarnya video di media sosial baru-baru ini. Dalam video yang lumayan viral itu, Vandiko menyatakan, anggota DPRD yang tidak menghadiri kegiatan Bunga Desa yang merupakan program Bupati Samosir.
Namun,politisi PDIP itu menyebutkan, responnya terhadap ucapan bupati itu merupakan pendapat pribadi, bukan mengatasnamakan Fraksi PDI Perjuangan dan lembaga DPRD.
“Saya memberikan tanggapan secara perorangan, menolak pernyataan bupati karena tidak sesuai dengan kepentingan masyarakat umum. Anggota DPRD lainnya tidak memberikan interupsi terkait hal tersebut, tapi saya menyatakan itu hanya untuk menjaga marwah lembaga DPRD,” tegas Pilipus.
Ketika dikonfirmasi SIB, dia menegaskan, tidak ada aturan yang mewajibkan anggota DPRD menghadiri setiap kegiatan bupati.
“Kami anggota DPRD bukan anak buah atau bawahan bupati. Kami tidak harus mengikuti ke manapun bupati pergi, apalagi sampai mengekor," kata Pandiangan.
Dia juga meminta bupati segera meminta maaf secara terbuka kepada seluruh anggota dewan yang dianggapnya tidak mendukung pembangunan karena tidak menghadiri kegiatan Bunga Desa.
Dia juga meminta Vandiko menghentikan praktik-praktik politik yang tidak sehat, seperti memberikan perlakuan istimewa kepada oknum anggota dewan yang dianggap loyal karena selalu mengikuti bupati ke manapun pergi.
"Saya berharap bupati dapat bekerja sama dengan DPRD secara profesional dan harmonis, demi kepentingan rakyat dan pembangunan daerah," katanya.
Pandiangan juga mengajak seluruh anggota dewan bersikap tegas dalam menegakkan marwah lembaga DPRD. Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk mengawasi kinerja Bupati dan DPRD, serta menyuarakan aspirasi dan kritik yang konstruktif.
Ucapan Bupati Samosir tersebut terekam dalam video yang sempat beredar di media sosial. Dalam video itu, Bupati Vandiko Timotius Gultom mengatakan, anggota dewan yang hadir di acara Bunga Desa adalah anggota dewan yang mendukung pembangunan. Sementara, anggota dewan yang tidak hadir dianggap tidak mendukung pembangunan.(**)
Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com