Sejumlah Bocah Manfaatkan Rob Panen Barang Bekas


184 view
Sejumlah Bocah Manfaatkan Rob Panen Barang Bekas
(Foto: SIB/Pally S)
BARANG BEKAS: Sejumlah bocah memanfaatkan rob memanen berbagai jenis barang bekas yang terbawa arus ketika berlangsung pasang surut air laut, Jumat (5/11/2021).
Belawan (harianSIB.com)
Gelombang pasang air laut yang kembali merendam kawasan pemukiman penduduk di Kecamatan Medan Belawan sekitarnya, yang sangat menganggu kegiatan rutin berbagai kalangan masyarakat dimanfaatkan sejumlah bocah pencari barang bekas untuk meraih keuntungan.

Untuk mendapatkan berbagai jenis barang bekas, terutama botol plastik sisa minuman mineral atau sejenisnya, sejumlah bocah tidak perlu jalan hilir mudik di kawasan pemukiman penduduk maupun mengais tumpukan sampah.

Pantauan jurnalis Koran SIB Pally S, Jumat (5/11/2021), dengan menggunakan tangguk gagang panjang, saat pasang surut berlangsung dua orang bocah "memanen" berbagai jenis barang bekas yang terbawa arus di sekitar jembatan Sungai Deli yang menghubungkan Kecamatan Medan Labuhan.

Kedua bocah tersebut duduk santai pada saluran pipa air sembari memantau dan menangguk barang bekas yang memiliki nilai jual, kemudian menumpuknya ke dalam goni plastik berukuran besar yang telah mereka siapkan.

Ketika mengetahui kegiatan mereka difoto oleh wartawan, kedua bocah pencari barang bekas tersebut melambaikan tangan sambil tertawa, kemudian mengacungkan tanda jempol.

Kedua bocah pencari barang bekas tersebut tampak begitu bersemangat, karena cukup banyak mendapatkan barang bekas untuk selanjutnya dijual kepada pihak penampung.

Di sisi lain, meluapnya debit air Sungai Deli akibat banjir air laut (rob) sejumlah nelayan yang baru datang dari arah laut, kapal motor mereka tampak kesulitan melintas dari bawah jembatan Sungai Deli.

Para nelayan skala kecil tersebut terpaksa dengan susah payah melakukan olah gerak, agar dapat lolos dari bawah jembatan Sungai Deli untuk menyandarkan kapal mereka pada tangkahan di sekitar Sungai Deli, Medan Marelan. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com