Selama PPKM Level 3, Penyekatan Dilonggarkan di Pematangsiantar


301 view
Selama PPKM Level 3,  Penyekatan Dilonggarkan di Pematangsiantar
(Foto: harianSIB.com/Andomaraja Sitio)
BERJAGA: Petugas berjaga di pos penyekatan Jalan Sudirman Pematangsiantar, Rabu (8/9/2021). 
Pematangsiantar (harianSIB.com)
Meski Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) turun menjadi level 3, penyekatan di sejumlah jalur menuju pusat Kota Pematangsiantar masih diberlakukan hingga batas waktu belum ditentukan.

Penyekatan kali ini tidak seketat selama masa PPKM level 4, melainkan diberi kelonggaran dengan pemberlakuan sistem buka tutup terhadap pengendara menuju pusat kota Jalan Sutomo-Merdeka Pematangsiantar.

"Sekatnya di beberapa titik jalan tetap kita buat, namun diberi kelonggaran dengan buka tutup sesuai waktu telah disepakati petugas dari hasil evaluasi di lapangan," kata Kadis Perhubungan, Erson Sinaga saat dimintai tanggapan harianSIB.com, di kawasan Jalan Merdeka, Rabu (8/9/2021).

Ia menjelaskan, sistem buka tutup di lokasi penyekatan nantinya tergantung situasi lapangan terhadap mobilitas kendaraan, apakah memang mengalami peningkatan dan sebaliknya dan pada pukul berapa diberlakukan buka tutup kendaraan.

Kelonggaran itu untuk menghidupkan perekonomian masyarakat bisa tetap jalan, termasuk para pedagang dan sopir angkutan kota dan para pelaku usaha dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dan pembatasan yang telah disepakati bersama.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Pematangsiantar, AKP Muhammad Hasan saat dikonfirmasi menjelaskan pihaknya bersama petugas dinas perhubungan bersama TNI nantinya akan mengevaluasi setiap hari masa pemberlakuan buka tutup di pos penyekatan menuju pusat kota Pematangsiantar.

Katanya, mulai hari ini dari hasil evaluasi di pagi hari sekira pukul 09-10 WIB, diberlakukan tutup selama 1 jam dan dibuka kembali sekira pukul 10-11 WIB. Setelah itu dievaluasi dan sekira pukul 11-13 WIB, ditutup lagi dan dibuka kembali selama 1 jam mulai pukul 13-14.00 WIB.

"Tutupnya sekira pukul 14.00 WIB sampai sore harinya. Terus sore harinya dievaluasi lagi dibuka hingga pukul berapa sampai malam, karena mobilitas mulai sore otomatis sudah mulai berkurang ke pusat kota. Jadi setiap hari nanti dievaluasi sesuai situasi di lapangan," terangnya. (*)

Penulis
: Andomaraja Sitio
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com