Selama Sebulan, Seluruh Daerah Sumut Bertahan di Zona Kuning Covid-19


107 view
Selama Sebulan, Seluruh Daerah Sumut Bertahan di Zona Kuning Covid-19
(ilustrator: Edi Wayono)
Ilustrasi pandemi Corona
Medan (harianSIB.com)
Seluruh daerah atau 33 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) selama hampir sebulan bertahan di zona kuning (risiko rendah) penyebaran Covid-19.

Zonasi kuning penyebaran Covid-19 di Sumut tersebut, diketahui harianSIB.com, Selasa (26/10/2021), berdasarkan data yang disampaikan Satgas Penanganan Covid-19 melalui website resminya https://covid19.go.id/peta-risiko.

Tercatat, sejak akhir bulan September hingga 24 Oktober, daerah Sumut konsisten berada di zona kuning. Namun demikian, hampir sebulan penuh itu juga, daerah di Sumut tidak ada yang masuk dalam zona hijau (tidak ada kasus).

Peta zonasi Covid-19 dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan.

Indikator yang digunakan adalah epidemiologi, yaitu penurunan jumlah kasus positif, suspek dan sebagainya. Kemudian, indikator surveilans kesehatan masyarakat, seperti jumlah pemeriksaan sampel diagnosis meningkat selama dua minggu terakhir.

Selanjutnya, indikator pelayanan kesehatan, yakni jumlah tempat tidur di ruang isolasi rumah sakit rujukan mampu menampung sampai dengan lebih dari 20 persen jumlah pasien positif Covid-19 yang dirawat. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com