Selesaikan Masalah Tanah di Sumut, Kejati- PTPN III, II dan IV Teken MoU


256 view
Selesaikan Masalah Tanah di Sumut, Kejati- PTPN III, II dan  IV Teken MoU
(Foto harianSIB.com/Martohap Simarsoit)
Teken MoU : Kajati Sumut Ida Bagus Nyoman(IBN) Wiswantanu dan Direktur SDM PTPN (Persero) III Holding Seger Budiardjo menandatangani kerja sama (MoU) untuk penyelesaian masalah tanah di PTPN, Selasa (4/5/2021), di aula lantai 3 Gedung Kejati Sumut. 
Medan (harianSIB.com)
Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) dengan PTPN III, PTPN II dan PTPN IV telah sepakat mengadakan kerja sama untuk penyelesaian masalah tanah PTPN di Sumut.

Kesepakatan itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama (MoU) oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut Ida Bagus Nyoman(IBN) Wiswantanu dengan Direktur SDM PTPN (Persero) III Holding Seger Budiardjo, Direktur PTPN II Irwan Peranginangin dan Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno, di aula lantai 3 Gedung Kejati Sumut, Selasa (4/5-2021).

Kajati menyampaikan dalam sinergi Kejaksaan dengan PTPN perlu dibangun suatu kantor Tim Adhyaksa Estate tempat berkoordinasi dan berdiskusi untuk menyelesaikan permasalahan di PTPN.

"Dengan adanya kantor bersama Adhyaksa Estate, strukturnya harus jelas dan saya akan pilihkan jaksa-jaksa yang terbaik. Dengan kerja sama ini diharapkan persoalan-persoalan yang dihadapi PTPN di Sumut bisa diselesaikan dengan baik," kata IBN Wiswantanu.

Disebutkan, dalam Tim Adhyaksa Estate nanti tidak hanya fungsi Datun (perdata dan tata usaha negara) yang dijalankan tetapi juga fungsi intelijen akan diperkuat. Dan tidak tertutup kemungkinan bidang tindak pidana khusus jika ditemukan kerugian keuangan negara akibat suatu kesengajaan atau penyalahgunaan wewenang.

"Kejaksaan mempunyai fungsi-fungsi di bidang Datun yang tidak hanya berupaya menyelamatkan kerugian keuangan negara, tapi juga fungsi pendampingan hukum, bantuan hukum dan pertimbangan hukum.Begitu juga terhadap proyek-proyek strategis nasional, kami ada tim pengamanan agar proyek tersebut bisa berjalan sebaik-baiknya,” kata Kajati.

Sebelumnya, Direktur SDM PTPN III Seger Budiardjo menyampaikan dengan adanya kerja sama bidang Datun ini, diharapkan permasalahan yang dihadapi PTPN bisa diatasi dengan baik.

“Kami berharap ke depan permasalahan tanah PTPN yang sampai hari ini belum terselesaikan, bisa diselesaikan dengan baik. Dan dengan adanya kerja sama ini, beban berat kami selama ini bisa berkurang," katanya.

Seger Budiardjo menyampaikan keberadaan PTPN di Sumut telah memberi kontribusi yang besar, antara lain dengan total karyawan di PTPN II, III dan IV di Sumut saat ini puluhan ribu karyawan.

"Untuk program Corporate Social Responsibility (CSR), kami membantu anak-anak lulusan SMA/SMK terbaik dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan pendidikannya," tambahnya.

Penandatanganan MoU itu dihadiri Wakajati Sumut Agus Salim, Asintel Dr Dwi Setyo Budi Utomo, Asdatun DR Prima Idwan Mariza, Asbin Nasril dan Aspidum Dr Sugeng R serta perwakilan dari PTPN Holding.

Menjawab wartawan seusai penandatanganan MoU, Kajati menegaskan pihaknya mempunyai strategi khusus dalam upaya ikut berpartisipasi menyelesaikan permasalahan tanah PTPN di Sumut.

“Mengenai alih-fungsi lahan PTPN kita akan tangani secara profesional, obyektif dan adil. Mengenai lahan yang ditempati pihak ketiga, kita akan identifikasi permasalahannya kenapa seperti itu. Mungkin ada yang terkait perdata, terkait administrasi atau juga terkait penyimpangan. Peristiwa ini akan kita kualifikasi dan kita pilah pilah. Tugas Tim Adhyaksa Estate nanti yang akan menyelesaikannya,” kata Wiswantanu yang sebelumnya Direktur Penuntutan pada Jampidsus (Gedung Bundar) Kejagung. (*)


Penulis
: Martohap Simarsoit
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com