Kamis, 13 Juni 2024 WIB

Semarakkan HUT ke-20, Pemkab Sergai Gelar Lomba Memancing

Redaksi - Jumat, 05 Januari 2024 19:06 WIB
231 view
Semarakkan HUT ke-20, Pemkab Sergai Gelar Lomba Memancing
(Foto: Dok/Diskominfo)
MEMANCING: Bupati Sergai, H Darma Wijaya bersama Kapolres AKBP Oxy Yudha Pratesta memancing ikan pada lomba memancing menyemarakkan hari jadi ke-20 Sergai, Jumat (5/1/2024). 
Sergai (harianSIB.com)
Bupati Serdangbedagai (Sergai) H Darma Wijaya menghadirii lomba memancing ikan dalam rangka menyemarakkan HUT ke-20 Kabupaten Sergai, di BPAT Belidaan, Desa Cempedak Lobang, Kecamatan Seirampah, Jumat (5/1/2024).
Lomba memancing yang diselenggarakan Dinas Perikanan Sergai ini, diikuti seratusan orang dengan dua kategori pemenang, yakni jumlah ikan terberat dan jumlah ikan terbanyak.
Darma Wijaya menyampaikan, pada 7 Januari 2004 atau 20 tahun lalu, Kabupaten Sergai lahir dari semangat otonomi daerah, semangat untuk mempercepat pemerataan pembangunan.
"Usia 20 tahun bagi seorang pemuda, tentulah usia puncak bagi dirinya dalam menentukan arah dan tujuan menggapai cita-citanya sesuai dengan potensi dan keinginannya dengan beragam perencanaan," katanya.
Layaknya remaja pada usia 20-an, lanjut Darma Wijaya, dirinya bersama wakil bupati terus berbenah untuk mewujudkan pembangunan di Kabupaten Sergai dengan visi "MajuTerus" atau mandiri sejahtera religius.
"Terus kami upayakan dalam mewujudkan semangat pemekaran kabupaten, yaitu pemerataan pembangunan yang salah satunya adalah di sektor perikanan," ujarnya.
Darma Wijaya menyebut, lomba memancing merupakan salah satu upaya keberlanjutan pengelolaan sumber daya perikanan di Sergai.
“Para pemancing adalah pahlawan dalam menjaga sumber daya alam di lingkungan perairan. Karena saat ini masih kita temui orang yang tidak bertanggung jawab yang ingin menangkap ikan dengan cara merusak lingkungan, seperti menggunakan setrum, racun dan lainnya. Praktik yang kalau boleh saya katakan serakah dan tidak sabaran tersebut, bisa mengancam keberadaan ikan-ikan lokal di perairan kita," sebutnya.
Di sisi sebaliknya, lanjutnya, para pemancing adalah orang yang sabar dan tidak serakah seperti halnya para perusak lingkungan tersebut. Pemancing itu sabar, tapi bukan berarti hanya pasrah menunggu rezeki atau keberuntungan. Sabar yang penuh dengan perhitungan dan strategi. Oleh karenanya, lomba memancing ini dilaksanakan dalam rangka semarak Hari Jadi ke-20 Kabupaten Sergai.
“Dengan semangat hari jadi ke-20 Kabupaten Sergai ini, mari kita bersama mendukung Sergai yang mandiri, sejahtera dan religius, dengan pertanian dan perikanan yang berkelanjutan melalui kegiatan seperti memancing, supaya kegiatan positif ini semakin membudaya di masyarakat,” katanya.
Turut hadir, Kapolres Sergai AKBP Oxy Yudha Pratesta, Ketua Pengadilan Agama Seirampah Syarifuddin, mewakili Dandim 0204/DS, para Asisten, pimpinan OPD, camat, kades, serta undangan lainnya.

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Darma Wijaya Sosok Pluralisme dan Berjiwa  Pancasilais
Sejumlah Wartawan Gelar Aksi Damai, Minta Bupati Bersikap Tegas
Sambut HPN, PWI Sergai Gelar Baksos
Diduga Edarkan Ekstasi,  Ditangkap Sat Narkoba di Desa Paya Bagas
Peringatan HUT ke-18 Kabupaten Sergai Diwarnai Pemberian Penghargaan
Paripurna DPRD Sahkan Perda P-APBD Sergai TA 2021 Pendapatan Rp 1,5 Triliun Lebih
komentar
beritaTerbaru