Sempat Menolak Swab, Warga Jalan Manunggal Pematangsiantar Akhirnya Setuju


170 view
Sempat Menolak Swab, Warga Jalan Manunggal Pematangsiantar Akhirnya Setuju
Foto: SIB/Ekoinra Siahaan
BERI PEMAHAMAN: Camat Siantar Barat, Pardomuan Nasution dan lainnya saat memberikan pemahaman kepada warga Jalan Manunggal Kota Pematangsiantar tentang bahaya Covid-19 karena sempat menolak untuk swab, Rabu (9/6).
Pematangsiantar (SIB)
Pasca meninggalnya seorang pasien terkonfirmasi Covid-19, warga Jalan Manunggal Kecamatan Siantar Barat Kota Pematangsiantar, Sabtu (5/6) lalu, sejumlah warga yang memiliki kontak erat dengan pasien, sempat menolak swab. Tapi, dengan pendekatan persuasif, warga akhirnya setuju setelah beberapa hari bertahan.

"Insya Allah, sampai hari ini jumlah yang swab sebanyak 6 orang. Semalam, Selasa (8/6), 3 orang kontak eratnya sudah lebih dahulu swab, hari ini 3 orang, dan hasil swab nya seluruhnya negatif," kata Camat Siantar Barat, Pardomuan Nasution kepada SIB seusai mendampingi warga yang menjalani swab di Puskesmas Singosari Kota Pematangsiantar, Rabu (9/6).

Pria yang akrab disapa Domu ini menargetkan, seluruh warga yang memiliki kontak erat dengan pasien akan di swab dalam waktu dekat. "Minggu ini ditargetkan, semua kontak erat (20 orang) hasil tracing (deteksi yang berpotensi tinggi tertular virus dari pasien positif) dapat di swab," kata Domu dengan yakin.

Sebelum terjadi kesepakatan dengan warga untuk mengikuti swab, diakui Domu, terlebih dahulu jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopincam) memberikan pemahaman kepada warga demi memastikan apakah mereka tertular Covid-19.

"Mengedukasi warga dari sisi agama oleh Kepala KUA, sisi kesehatan pihak Puskesmas, sisi kemasyarakatan, sosial budaya oleh Camat, Kapolsek, Danramil dan Lurah," ujar Domu.

Dia juga menyebut, beberapa dari warga yang telah mendapat pemahaman tentang bahaya Covid-19, berjanji untuk melakukan swab mandiri di Klinik Rasyida Kota Pematangsiantar, dan dalam pemantauan pihak Kecamatan Siantar Barat. (D8/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com