Sempat Viral di Medsos, Bandit Jalanan Dibekuk Polsek Medan Timur


207 view
Sempat Viral di Medsos, Bandit Jalanan Dibekuk Polsek Medan Timur
Foto Dok/Polsek
MERAMPOK VIRAL: Bandit jalanan berinisial IP diamankan di Polsek Medan Timur setelah aksi perampokan yang dilakukannya viral di medsos, Sabtu (2/10/2021).
Medan (harianSIB.com)

Aksinya sempat viral di media sosial (medsos) saat menjambret HP milik seorang siswi SMP, warga Jalan Pelita V, Kecamatan Medan Perjuangan, seorang bandit jalanan berinisial IP (26) warga Jalan Bhayangkara, Kecamatan Medan Tembung dibekuk Tekab Reskrim Polsek Medan Timur.

Pantauan Jurnalis Koran SIB Roy Damanik dalam video yang terekam CCTV dan kemudian viral di medsos, Sabtu (2/10/2021), korban sedang berjalan kaki seorang diri di Jalan Pelita I Gang Tangga Batu, Kecamatan Medan Perjuangan sembari memegang HP.

Di saat bersamaan pelaku yang mengendarai sepedamotor seorang diri berpapasan dengan korban. Pelaku langsung memutar balik sepedamotornya dan perlahan-lahan mendekati gadis tersebut sembari bertanya sesuatu.

Tiba-tiba pelaku langsung merampas paksa HP dari genggaman tangan korban. Setelah berhasil melancarkan aksinya, bandit jalanan itu langsung kabur. Sontak atas kejadian itu korban menangis. Selanjutnya korban pulang kerumah dan memberitahukannya kepada orangtuanya.

Didampingi keluarga, korban membuat laporan ke Polsek Medan Timur. Personil Tekab yang menerima laporan kasus itu kemudian melakukan cek di lokasi kejadian. Dari lokasi petugas mengamankan barang bukti rekaman CCTV yang videonya sudah menyebar di medsos.

Dari hasil penyelidikan, petugas mengungkap identitas pelaku. Petugas kemudian bergerak cepat ke rumah pelaku dan berhasil membekuknya saat berada di dalam kamar. Selanjutnya petugas membawa bandit jalanan itu berikut sejumlah barang bukti ke Mako guna proses selanjutnya.

Kanit Reskrim Polsek Medan Timur Iptu Japri Simamora yang dikonfirmasi mengatakan sebelum aksi kejahatan itu terjadi, korban hendak pergi ke sekolahnya dengan berjalan kaki. Tiba-tiba pelaku yang mengendarai sepedamotor berhenti berhenti di samping korban, lalu berpura-pura bertanya jam berapa serta sekolah dimana.

"Saat korban lengah, pelaku langsung merampas paksa HP korban. Setelah itu pelaku langsung kabur membawa HP yang digunakan siswi SMP itu untuk belajar daring," terang Kanit.

Setelah korban yang didampingi orangtuanya membuat laporan, petugas langsung cek TKP dan mengamankan rekaman CCTV. Identitas pelaku akhirnya terungkap. IP berhasil dibekuk petugas dari rumahnya, lalu diboyong ke Mako berikut barang bukti sepedamotor Honda Beat BK 3973 AJJ, baju kaos warna abu-abu dan celana jeans warna biru yang digunakan pelaku saat beraksi.

"Setibanya di Mako, pelaku dipertemukan dengan korban. Korbanpun mengenali wajah pria yang menjambretnya itu. Menurut pengakuan pelaku, dia sudah 2 kali melakukan perampokan HP," pungkasnya.(*)

Editor
: Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com